hit counter code


Gulirkan Pelatihan Budidaya Ternak Doka, Muliakan Dhuafa Via Dompet Dhuafa Farm

Ekonomi, | Tue 10/2019 20:14:52
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SERANG -- Dompet Dhuafa Cabang Banten, menggelar program pelatihan bertajuk ‘Magang dan Training Budidaya Ternak Domba dan Kambing’ di kawasan Dompet Dhuafa Farm, Kampung Gowok Kepuh, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang. Berlangsung selama dua bulan, pelatihan tersebut bergulir dari November hingga Desember 2019.

Sebanyak empat penerima manfaat mengikuti pelatihan magang sebagai peserta. Diantaranya Badru, Dede, dan Asmarudin, asal Munjul, Kabupaten Pandeglang, serta Aldi asal dari Pontang, Kabupaten Serang. Mereka berempat berasal dari keluarga pra-sejahtera yang berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan menjadi peternak dan wirausahawan.

Pengelola Dompet Dhuafa Farm, Latif, mengatakan bahwa program magang tersebut tentunya untuk melatih para dhuafa usia produktif agar memiliki keahlian dalam peternakan, sekaligus wirausahawan dalam bidang domba dan kambing. Dengan bekal tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian mereka dan bisa memberikan manfaat luas bagi masyarakat sekitar.

“Setelah mengikuti pelatihan magang di Dompet Dhuafa Farm, para peserta akan diberikan langsung domba sebanyak lima ekor sebagai modal usaha. Sehingga ilmu dan pengetahuan yang mereka dapatkan, akan langsung dipraktikan. Dengan harapan peserta bisa berdaya dan meningkatkan kesejahteraan mereka di kemudian hari,” ujar Latif.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta menginap dua bulan, dengan biaya akomodasi yang sepenuhnya ditanggung oleh Dompet Dhuafa Cabang Banten. Program tersebut bersifat berkelanjutan. Sehingga akan rutin bergulir untuk penerima manfaat selanjutnya, yang insyaa Allah akan turut merasakan kebermanfaatan mendapatkan ilmu menjadi peternak dan wirausahawan melalui Dompet Dhuafa Farm.

“Program Dompet Dhuafa Banten merupakan kegiatan awalan dari pelatihan magang budidaya ternak DD Farm, yang kedepan akan bergulir dan dipandu oleh tim Dompet Dhuafa Farm. Program magang lebih condong pada praktik bagaimana pemahaman menjadi peternak yang baik, juga mengerti pengelolaan pakan dan makan doka. (Dompet Dhuafa/Gun/Dhika Prabowo)