hit counter code


Tim Barzah Takjub Saat Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Bagi Siswa SDIT Nurul Hidayah

Dakwah, | Thu 11/2019 16:42:01
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANTEN -- SDIT Nurul Hidayah Serang, Banten, bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Cabang Banten mengadakan pelatihan tata cara pengurusan jenazah bagi siswa-siswinya, pada Rabu (6/11/2019). Dalam hal ini, Tim Badan Pemulasaran Jenazah (BARZAH) Dompet Dhuafa menjadi pengisi materi.

Program pelatihan tersebut menuai banyak apresiasi dari para guru hingga wali siswa. Tidak hanya itu, Madroi selaku pengisi materi kala itu, merasa kagum dengan antusiasme para siswa SDIT Nurul Hidayah. Meski baru pertama kali diselenggarakan, siswa-siswi kelas 5 dan 6 tersebut, begitu semangat mengikuti penjelasan dari Madroi.

“Begitu antusias dan semangat mereka. Banyak yang mengaacungkan tangan saat saya meminta salah satu peserta untuk tampil dalam simulasi. Mereka tidak segan untuk tampil,” terang Madroi, selaku Manajer Program BARZAH yang turun langsung pada kegiatan tersebut.

Sebagaimana arahan Madroi, sebanyak 30 siswa secara berkelompok, bergantian melakukan simulasi memandikan jenazah. Diakui Madroi, sebagian besar siswa dapat menangkap materi dengan lengkap. Maka tak heran ketika melakukan simulasi. Tidak banyak membutuhkan waktu.

Bagi Madroi, ini merupakan pertama kalinya melakukan pelatihan merawat jenazah pada kalangan anak-anak SD. Sebelumnya, Madroi sudah sering kali melaksanakan pelatihan baik program dari BARZAH maupun permintaan dari lembaga luar. Namun, biasanya pesertanya adalah orang dewasa.

“Bagi saya, sebagai pemateri baru kali ini peserta pelatihan dari kalangan anak-anak SD,” ungkapnya.

Iqbal, Divisi Program Sosial dan Dakwah Dompet Dhuafa Banten menyebutkan, Dompet Dhuafa Banten dan SDIT Nurul Hidayah sebenarnya sudah sering melaksanakan kerja sama dalam berbagai bidang. Termasuk dalam tata kelola dana zakat, infak dan sedekah. Namun untuk kali ini, Dompet Dhuafa Banten dan SDIT Nurul Hidayah memang ingin menghadirkan sesuatu yang baru kepada para siswa-siswinya.

Melihat dari antusiasme para siswa, Madroi berharap SDIT Nurul Hidayah dapat menjadi mitra BARZAH ke depannya, baik guru, wali siswa maupun siswanya sendiri. Terlebih nanti akan hadir aplikasi “GOIB” yang akan memudahkan masyarakat dalam mencari mobil jenazah gratis dari donatur Dompet Dhuafa dan mitra-mitranya. (Dompet Dhuafa/Muthohar)