hit counter code


5 Aktivitas Untuk Membuatmu Jadi Pahlawan Hari Ini

Sosial, | Fri 11/2019 13:49:45
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Tercatat pada 10 November 1945, sekitar 3 bulan setelah Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia, ‘Pertempuran Surabaya’ pecah. Ribuan ‘arek Suroboyo’ yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, turun berjuang. Tentara alumni PETA hingga santri, berjuang melawan penjajah, yang pada saat itu mencoba mengambil kembali kemerdekaan Indonesia. Perjuangan mempertahankan kemerdakaan para arek tersebut, menjadi simbol kepahlawanan melawan kolonialisme di Indonesia. Lebih lanjut, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Lalu, di masa sekarang, apa yang bisa kita lakukan untuk menyambut hari pahlawan? Tentu tidak dengan angkat senjata. Tapi jangan khawatir, nilai kepahlawanan masih bisa kita wujudkan dengan meneladani sikap-sikap yang dicontohkan para pahlawan. Seperti apa kegiatan yang bisa mewujudkan nilai kepahlawanan kita di era masa kini? Sikap berani dalam kebaikan untuk mengisi kemerdekaan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dan mungkin saja bisa menjadikan kita true heroes hari ini.

1. Bangun Pagi

Seperti apa yang disunahkan Rasulullah, bangun pagi menjadi hal pertama yang bisa kita lakukan untuk menjadi pahlawan. Banyak tokoh mendunia yang memiliki kebiasaan bangun pagi dan menjadikan dirinya lebih produktif. Teks Proklamasi saja disusun pada subuh hari lho. Kemudian pembacaannya pada pagi hari. Shalat Subuh menjadi formula terbaik yang patut dicoba untuk memulai aktivitas harian kita. Sedikit menggerakkan tubuh untuk mendatangi masjid akan membuat tubuh kita segar beraktivitas seharian. Setelahnya, bisa diisi dengan berbagai kegiatan produktif lainnya. Tentunya, jangan sampai lupa sarapan ya.

2. Tanam Satu Pohon

Faktanya, satu pohon dapat menghidupi kebutuhan oksigen untuk dua orang dewasa. Menanam pohon hari ini, akan memberikan kesempatan bagi generasi penerus untuk tetap bisa menghirup udara bersih. Seperti halnya pahlawan, yang selalu bertindak untuk kepentingan khalayak. Kita dapat meniru sikap tersebut dengan menanam pohon hari ini. Bisa dilakukan langsung dengan mengisi lahan kosong di sekitar rumah kita. Bisa juga dengan gerakan bersama seperti progam Sedekah Pohon dari Dompet Dhuafa. Uang yang tidak seberapa bagi kita, mungkin bisa menghijaukan bumi Indonesia dan memberikan udara bersih bagi generasi penerus nantinya.

3. Membersihkan Lingkungan

Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka, menjaga kebersihan lingkungan dan sekitar kita, menjadi hal baik untuk menghindarkan kita dari bencana, khusunya banjir. Sehingga, dengan menjaga kebersihan lingkungan dan terhindar dari mara bahaya bencana, setidaknya kita sudah menyelamatkan siapa saja yang ada di sekitar kita. Jadi, mulai sekarang kita jaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya ya.

4. Membantu Orang yang Membutuhkan

Membantu orang yang lebih membutuhkan sebenarnya bukanlah tindakan yang sulit untuk melakukannya. Hal tersebut mudah, apabila kita mempunyai rasa rela berkorban dan keikhlasan. Dalam membantu orang lain yang membutuhkan, kita juga tidak boleh mengharap balasan maupun penghargaan. Membantu dengan mengharap balasan, berarti bantuan tersebut tidak ikhlas kita berikan. Seperti kita ketahui, membantu dengan sikap ikhlas dan rela berkorban adalah salah satu contoh dari sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah dengan berbagi bahan kebutuhan pokok atau makanan pada tetangga yang membutuhkan. Karena tidak semua orang memiliki nasib yang baik dan rezeki melimpah seperti Anda. Karena juga berbagi itu indah.

5. Jadi Relawan

Tanpa pamrih menjadi sikap yang lekat dengan sosok seorang pahlawan. Sikap tersebut juga melekat pada diri seorang relawan. Yaitu mereka yang melakukan hal-hal baik tanpa adanya harapan imbal jasa. Kegiatan seperti mengajak jalan-jalan anak yatim, mendongeng, atau kegiatan membersihkan sampah menjadi hal menarik untuk dicoba. Pengalaman dan teman-teman baru menjadi daya tarik tersendiri dari dunia relawan. Selain itu, senyum bahagia dari orang yang kita bantu, menjadi kebahagiaan tersendiri yang tidak ternilai. Banyak platform yang bisa menjadi wadah hasrat kerelawanan kita. Salah satunya ialah Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) yang jaringan kerelawanannya sudah ada di seluruh Indonesia. Kita bisa mengikutiberbagai kegiatan kerelawanan di komunitas tersebut. (Dompet Dhuafa/Zul)