hit counter code


Bantu Pedagang Bakso, PT. Miwon dan Dompet Dhuafa Luncurkan Program Pedagang Tangguh

Ekonomi, | Wed 11/2019 17:39:11
Dompet Dhuafa Post Image
Share

GRESIK -- Pada Jum’at (8/11/2019), Dompet Dhuafa dan PT. Miwon Indonesia bersinergi menyelenggarakan Program Pedagang Tangguh Miwon 8 di halaman pabrik Miwon, Driyorejo, Gresik, Jawa Timur. Dompet Dhuafa bersama PT. Miwon memberikan 20 gerobak dorong untuk pedagang bakso yang turut hadir memenuhi undangan dalam acara tersebut. Kemudian juga memberikan sarana penunjang lainnya kepada para pedagang bakso keliling.

Sebagai mitra PT. Miwon Indonesia, Dompet Dhuafa berperan dalam hal penyeleksian pedagang, pengadaan perlengkapan usaha. Bahkan juga sampai pemberian pendampingan intensif terhadap aspek kemajuan dan kemapanan bisnis pedagang bakso.

“Terkait pemilihan dan verifikasi mitra penerima manfaat, kami memiliki prosedur melalui assessment yang komprehensif agar tepat sasaran,” ujar Kholid Abdillah, selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur, yang hadir pada launching program tersebut.

Program tersebut telah bergulir sejak 8 tahun lalu dan memiliki tujuan mulia, yakni membantu, serta memberdayakan para pedagang bakso keliling. Sehingga melalui program tersebut dapat meningkatkan omset dan semakin berkembang.

“Total sudah ada 430 penerima manfaat. Kini 20 pedagang bakso sudah lolos seleksi,” lanjut Kholid.

Basuni dan Suharso, pedagang bakso tangguh tahun sebelumnya, mengaku bersyukur. Kini bakso jualannya meningkat pesat dibanding sebelumnya. Mereka menerima pendampingan selama setahun.

“Omset sekarang sudah meningkat, sejak mendapat bantuan juga imu selama pendampingan. Semoga yang telah diberikan Miwon dan Dompet Dhuafa bisa menambah kesejahteraan pedagang bakso keliling,” aku Basuni.

Pembentukan program Pedagang Tangguh Miwon dilatar belakangi oleh kepedulian dari Miwon dan Dompet Dhuafa atas kondisi para pedagang bakso di skala mikro yang masih terbatas dalam aspek produksi, managerial dan pemasaran. Bentuk penguatan yang dilakukan yakni melalui bantuan modal usaha dan pendampingan usaha selama setahun. Komitmen membantu memperkuat eksistensi para pedagang bakso agar tetap bertahan, mandiri dan mampu bersaing.

Lim Duk Jin, selaku Presiden Direktur PT. Miwon Indonesia, mengatakan, “Kami tentunya sangat berharap, malalui program tersebut, para pedagang bakso dapat menjadi lebih mandiri dan sejahtera. Sehingga apa yang kami berikan dapat memperkuat eksistensi mereka di tengah persaingan dagang yang kuat. Tentunya dengan tetap mempertahankan aspek makanan halal, sehat dan layak konsumsi: bebas boraks, formalin, dan pewarna tekstil”. (Dompet Dhuafa/Jatim/Dhika)