hit counter code


Dompet Dhuafa dan BRI Syariah Jalin Kerja Sama Kembangkan Jaringan Laku Pandai Di Daerah-daerah

Nasional, | Thu 11/2019 17:03:24
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Setelah berhasil menciptakan aplikasi keuangan digital “MUMU”, Dompet Dhuafa kembali berusaha meningkatkan layanan digital bagi warga-warga yang berada di jangkauan pelosok negeri. Kini Dompet Dhuafa menggandeng BRI Syariah untuk mengembangkan jaringan di daerah-daerah. Melalui kemitraan dengan Laku Pandai, MUMU direncanakan lebih jauh menjangkau masyarakat dhuafa yang tidak memiliki rekening tabungan.

Kerja sama tersebut mulai bergulir setelah ditandatanginya MoU perjanjian dari kedua belah pihak di momen acara Indonesia Sharia Economic Frstival 2019, Kamis (14/11/2019). Selain menjembatani kemudahan antara mustahik dan muzakki, segala transaksi dan donasi akan secara sistematis dan otomatis tercatat di BRI Syariah dan juga Bank Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama antara MUMU dan Laku Pandai, Insyaa Allah akan menjadi jembatan antara transparansi dari mustahik kepada muzakki. Itu juga langsung tercatat di BI dan BRI Syariah lewat Laku Panda tersebut,” terang Iskandar Syamsi, Direktur DD Tekno.

Hal tersebut tentu akan sangat memudahan bagi para muzakki untuk melaksanakan kegiatan filantrofinya. Sedangkan bagi mustahik, akan mendapatkan hak-haknya secara merata sesuai dengan porsinya. Bagi Dompet Dhuafa, tentu ini akan sangat membantu dalam penyaluran dana zakat, infak, sedekah dan wakaf. Teringat menjelang idul fitri lalu, Dompet Dhuafa sedikit kualahan dalam membagikan dana zakat fitrah. Tentu dengan hadirnya MUMU yang disinergikan dengan Laku Pandai, hal tersebut dapat membantu pembagian dan pemerataan dana zakat.

Tidak berhenti sampai di situ, Dompet Dhuafa melalui DD Tekno akan terus melakukan inovasi-inovasi baru lainnya. Langkah tersebut guna mempermudah kegiatan filantrofi. Sehingga terbangunlah sistem transaksi keuangan online, realtime dan tepat sasaran.

“Ini yang kita harapkan. MUMU nanti akan menjadi bank dan rekening ponsel bagi nasabah-nasabah BRI Syariah. Sehingga Dompet Dhuafa juga akan memiliki banyak jaringan mitra di seluruh titik pelosok Indonesia. Itu nanti yang akan menjadi mitra Laku Pandai dan MUMU,” tutup Iskandar.

Momen tersebut merupakan kesepakatan untuk berkolaborasi bagi DD Tekno dan BRI Syariah dalam mendukung gerakan Financial Inclusion dan Cashless Payment yang diarahkan oleh pemerintah. Kerja sama tersebut akan membawa perubahan pada layanan metode pengumpulan zakat, infak, sedekah dan wakaf dari konvensional ke layanan digital.

Kemudian dengan adanya kerja sama tersebut akan mempermudah transaksi dalam penyaluran bantuan ke para dhuafa sekaligus sebagai mitra keagenan untuk layanan keuangan digital dan layanan keuangan inklusif yang dimiliki oleh BRI Syariah seperti Laku Pandai, transfer antar bank, remittance, simpanan pelajar, KUR tanpa anggunan untuk komunitas binaan Dompet Dhuafa.

“Pekembangan teknologi, mendorong semua perbankan syariah untuk ikut moderinisasi. Namun tetap menjaga syariah dan kerja sama dengan DD Tekno untuk pengembangan sisi layanan terbaik kepada masyarakat, khususnya nasabah syariah,” ujar Fidri Arnaldy sebagai Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah. (Dompet Dhuafa/Muthohar)