hit counter code


Masjid Cordofa Gelar Forum Halaqoh Qur'an Angkatan Satu

Dakwah, | Mon 11/2019 19:50:29
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Pada tahun 2011, Lembaga Survei Indonesia (LSI) bersama Goethe Institute menunjukkan bahwa kaum muda Muslim ada pada tingkatan cukup rendah dalam menjalankan kewajiban salat 5 waktu dan membaca Al Qur'an. Survei bertajuk "Tata Nilai, Impian, dan Cita-cita Pemuda Muslim di Asia Tenggara" itu, diikuti sebanyak 1.496 responden yang berusia 15-25 tahun dan digelar di 33 provinsi di Indonesia.

Para responden memiliki tingkat pendidikan SD hingga perguruan tinggi. Salah satu hasilnya, kaum muda Muslim yang selalu membaca Al Quran terdapat pada angka 10,8 %, sering 27,5 %, kadang-kadang 61,1 %, dan tidak pernah 0,3 %. Dompet Dhuafa berupaya menjawab hal tersebut untuk membantu para Insan-nya dalam mempelajari Kalamullah Al Qur'an.

Maka, melalui Masjid Cordofa sebagai Pusat Belajar Mengaji, Dompet Dhuafa membentuk program Forum Halaqoh Qur'an (FHQ) Cordofa, yang diganyang sinergi oleh divisi HCKM (Human Capital Knowledge Management) dan Cordofa Dompet Dhuafa. Setelah para Insan Dompet Dhuafa mendaftarkan diri, maka, pada Senin (18/11/2019) sore, diadakan Placement Test kelas Pra Tahsin, bagi yang belum bisa membaca Al Qur'an). Masjid Cordofa membuka pendaftaran peserta FHQ Angkatan 1 untuk strata kelas.

Kemudian berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu kelas Tahsin 1 (perbaikan bacaan), Tahsin 2 (pendalaman tajwid), Takhossus (persiapan menghafal Al Qur'an), dan Tahfidz (menghafal Al Qur'an). Setelah para Insan Dompet Dhuafa mendaftarkan diri, maka, pada Senin (18/11/2019) sore, diadakan Placement Test kelas Pra Tahsin, bagi yang belum bisa membaca Al Qur'an).

Sekretaris Dewan Syari'ah Dompet Dhuafa, Ustadz Ahmad Fauzi Qosim, berharap agar para peserta lebih nyaman untuk belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. "Lembaga adalah tempat kerja sekaligus tempat belajar. Alhamdulillah, puluhan amilin/amilat turut mendaftar ingin belajar menghafal Qur'an. Semoga melalui program ini senantiasa istiqamah dan turut mewujudkan al bi'ah as shalihah (lingkungan baik) di lingkungan kerja," aku Ustadz Fauzi.

Kedepannya, program ini akan berlangsung setiap hari senin dan kamis sore, dilakukan sejak pukul 16.00 hingga 18.00 WIB. Pun diakhiri dengan berbuka puasa sunah bersama. (Dompet Dhuafa/AFQ/Dhika Prabowo)