hit counter code


Menilik Shelter Hasanah, Rumah Singgah Keluarga Pasien Dari Luar Daerah

Sosial, | Tue 11/2019 20:16:21
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Bertempat di Jalan Andong Raya No. 81 RT 010/RW 006, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Tim Dompet Dhuafa mengunjungi salah satu program hasil kolaborasi dengan BNI Syariah dan Yayasan Hasanah Titi yang bernama Shelter Hasanah, pada Selasa (5/11/2019).

Beberapa program Shelter Hasanah, salah satunya ada di Palmerah yang telah berdiri sejak pada 25 Juni 2019 silam. Gedung ini menyediakan delapan kamar tidur, lima pintu toilet. Semua itu disediakan secara gratis bagi keluarga pasien rumah sakit yang sedang membutuhkan tempat singgah. Selain memberikan pelayanan gratis. Dalam gedung yang bertingkat tiga ini sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pengajian, pelatihan keterampilan, juga penyuluhan bimbingan rohani bagi keluarga pasien yang sedang singgah.

“Sejauh ini Shelter Hasanah sudah memberikan manfaat kepada 30 orang. Kebanyakan pasien berasal dari RS. Harapan Kita dan RS. Kanker Dharmais. Selain itu sebulan sekali ada kegiatan pelatihan keterampilan,” ujar Agung selaku PIC Shelter Hasanah.

Dalam kunjungan ini juga, tim Dompet Dhuafa sempat berbincang-bincang ringan dengan salah satu penerima manfaat yang bernama Zainun. Beliau merupakan ibu dari dua orang anak yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Salah satu anaknya, Muhammad Khairul, sedang menjalani pengobatan di RS. Jantung Harapan Kita.

"Muhammad Khairul menderita penyakit jantung semenjak ia berusia tujuh bulan. Sekarang Khairul sudah melakukan proses cek darah, cek THT, dan sedang menunggu proses operasi. Kemungkinan akan melakukan operasi sebanyak tiga kali,” imbuh Ibu Zainun dalam sela-sela perbincangan.

Ibu Zainun juga mengungkapkan, "Biaya kost disini kan mahal, bisa sampai dua jutaan perbulan. Belum lagi harus memikirkan biaya makan sehari-sehari. Namun dengan adanya fasilitas yang disiapkan oleh Dompet Dhuafa seperti ini, kebutuhan makan kami, semua keluarga pasien merasa sangat terbantu sekali dengan adanya rumah singgah/shelter ini".

Agung menuturkan kalau ini merupakan pengalaman berharga. Ini merupakan salah satu bukti nyata dana yang diamanahkan kepada Dompet Dhuafa tersalurkan dengan baik untuk ummat. “Apa yang diberikan oleh ummat. Harus dikembalikan lagi kepada ummat. Dari, oleh, dan untuk ummat,” tutup Agung. (Dompet Dhuafa/Akbar/Fajar)