hit counter code


Gandeng Dompet Dhuafa, Phillip Dan Panin Sekuritas Luncurkan Wakaf Saham

Wakaf, | Fri 11/2019 19:10:22
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Pasar modal syariah tercatat mengalami peningkatan dan pengembangan beberapa tahun terakhir. Melihat hal tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai membuka perdagangan baru dalam dunia saham, yaitu wakaf saham, di Main Hall BEI (Jum’at, 22/11/2019). Bersamaan dengan itu, Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas meluncurkan program Wakaf Saham dengan menggandeng Dompet Dhuafa sebagai nazir atau pengelola wakaf saham.

Pembukaan perdagangan dan peluncuran Wakaf Saham hari itu, ditandai dengan simbolis penekanan layar sentuh tepat pada pukul 09.00 WIB oleh Bobby P. Manullang selaku General Manager Wakaf Dompet Dhuafa, bersama dengan Thessalonica Winarto selaku Direktur Phillip Sekuritas, Prama Nugraha selaku Direktur Panin Sekuritas, dan Ust. Dr. Izzuddin Abdul Manaf, LC. MA selaku Dewan Pengawas Syariah Dompet Dhuafa. Dengan disaksikan oleh Direktur Pengembangan BEI, Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi, menyampaikan BEI telah meluncurkan program Wakaf Saham sejak 6 April 2019 lalu. Wakaf saham akan melengkapi kegiatan filantrofi yang tersedia dalam kerangka program pasar modal syariah. Sebelumnya, BEI telah meluncurkan zakat saham juga sodaqoh saham. Dengan begitu, pasar modal bukan hanya menyediakan sarana untuk investasi di dunia saja, melainkan juga meningkatkan amal jariyah untuk bekal di akhirat kelak.

BEI mencatat setelah diluncurkannya layanan wakaf saham pada hari ini oleh Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas, maka telah ada enam perusahaan sekuritas yang sudah meluncurkan layananan wakaf saham selama tahun 2019. Berdasarkan data BEI per 18 November 2019 lalu, jumlah saham syariah telah mengalami peningkatan sebesar 76% sejak tahun 2011. Dari yang semula 237 saham, hingga hari ini telah mencapai 419 saham syariah. Dalam kata lain, saham syariah mendominasi sebesar 63% dari total saham yang saat ini tercatat di BEI.

“Kami berharap akan terus diikuti perusahaan sekuritas lainnya. Karena menurut catatan kami potensi pasar modal syariah mengalami peningkatan ditambah dengan potensi wakaf saham. Dan mudah - mudahan ini dapat menjadi sumber pahala wakaf yang sangat berpotensi”, tutur Fawzi.

Dompet Dhuafa memandang wakaf saham memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian syariah di Indonesia. Tidak hanya itu, wakaf saham dapat menjadi pilihan alternatif bagi para investor untuk berbagi dan menebar manfaat yang lebih luas dan berkepanjangan.

“Pada peluncuran Wakaf Saham ini, memiliki peran penting sebagai memajukan ekonomi syariah Indonesia. Selain itu wakaf saham dapat juga menjadi pilihan alternatif untuk investor untuk berbagi melalui instrumen saham”, terang Bobby P Manullang.

Sebagai anggota mitra BEI yang menyelenggarakan Sharia Online Trading System (SOTS), Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas berkomitmen bersama Dompet Dhuafa untuk terus berupaya meningkatkan perekonomian syariah di Indonesia, salah satunya melalui program wakaf saham yang baru saja diluncurkan.

Direktur Phillip Sekuritas, Thessalonica Winarto, mengatakan, “Sejak 2016, Phillip Sekuritas telah memiliki system SOTS. Pada peluncuran itu kami sudah bekerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai tempat kami berbagi. Saat ini, seiring dengan pertumbuhan pasar modal syariah, kami turut meluncurkan wakaf saham. Dengan begitu upaya kami untuk saling membantu dan berbagi akan semakin luas melalui manfaat wakaf”.

Nantinya, saham syariah (yang akan diwakafkan) akan disetor atau diserahkan ke lembaga pengelola investasi. Sedangkan, keuntungannya berasal dari pengelolaan saham syariah oleh pengelola investasi akan disetor ke lembaga pengelola wakaf. Pemanfaatan wakaf saham yang akan digunakan adalah hasil dividen atau pembagian laba dari pemegang saham.

Prama Nugraha selaku Direktur Panin Sekuritas, melalui sambutan singkatnya berharap dengan program Wakaf Saham bersama Dompet Dhuafa ini dapat mewujudkan suatu potensi kemajuan ekonomi syariah dan manfaat ekonomi untuk kepentingan ibadah juga memajukan kesejahteraan umat. (Dompet Dhuafa/Muthohar)