hit counter code


Dua Tahun Bergulir, Program VOTED Pamerkan Hasil Karya Peserta

Pendidikan, | Sun 11/2019 16:18:16
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DURI, RIAU -- Riuh Kompang menggema pagi itu, menyambut para tamu di area on the job training akbar peserta Vocational Training for Enterpreneurship and Workforce Development (VOTED). Berbagai tamu undangan dari pemerintahan, tokoh masyarakat, peserta workshop dan tentunya dari pihak PT. Chevron Pacific Indonesia, memadati Lapangan Taman Angsana, Duri, Mandau, Bengkalis, Riau, pada Sabtu (23/11/2019) pagi.

Gelaran yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (23-24/11/2019), menjadi ajang pameran hasil karya peserta VOTED. Mulai dari kelas fashion and design, otomotif, komputer desain grafis, teknik pengolahan pangan hingga welding. Setelah mengikuti kelas vokasi, para peserta kompak menyajikan berbagai macam kreasi dan hasil karya terbaik dari masing-masing kelas.

"Ini menjadi bukti dari proses berlangsungnya kelas VOTED di provinsi Riau dalam rangka mewujudkan sumber daya masyarakat yang mampu bersaing baik di skala nasional maupun global. Selain itu, adanya kelas vokasional tersebut, dapat menjadi pengikis pengangguran di negeri ini. Terlebih, para peserta yang masih berada di usia produktif, mampu bersaing dan mengubah kehidupannya ke arah lebih baik. Ini sebagai tahapan awal, teman-teman masih harus gigih berjuang menuju proses magang maupun dunia kewirausahaan kedepannya," jelas Abdurahman Usman, selaku Direktur Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

Selama mengikuti program, sekitar 300 peserta yang berasal dari 7 kota/kabupaten di Provinsi Riau, selain mendapatkan materi pembelajaran dan praktek langsung, juga tinggal di asrama. Sehingga dapat memudahkan para mentor memonitoring perkembangan para peserta, sekaligus sebagai pembentukan karakter peserta didik VOTED.

"Kami patut bersyukur, VOTED yang sudah berjalan sejak 2018, untuk meningkatkan kapasitas adik-adik di wilayah kerja PT Chevron Pacific Indonesia di Riau, telah menunjukkan hasilnya. Program kemitraan dari Chevron, Pemerintahan Provinsi Riau dan Yayasan Dompet Dhuafa ini, hadir sebagai pembangkit mimpi anak-anak di wilayah kerja kami. Mulai dari yang putus sekolah, terkendala perekonomian keluarga untuk melanjutkan sekolah, kami fasilitasi melalui VOTED untuk meningkatkan kapasitas diri. Sehingga mampu bersaing kedepannya. Namun paling penting dari program ini adalah peuntukannya bagi mereka yang memiliki semangat tinggi untuk sukses," ungkap Andi Cakrayani Marzuki, selaku perwakilan dari manajemen PT Chevron Pacific Indonesia.

Tentu tanpa dukungan dari mitra, masyarakat setempat dan pemerintahan, program VOTED tak mudah bergulir hingga sekarang. Kolaborasi ini, menjadi kunci untuk mengembangkan pemuda dan pemudi Riau, terutama di usia produktif, dapat menjadi insan berdaya sesuai minat, serta bakat masing-masing

Pada kesempatan ini, saya mewakili pemerintahan Kabupaten Bengkalis, mengucapkan terima kasih atas berlangsungnya kegiatan yang bagus bagi generasi muda di daerah kami. Sehingga keterampilan atau skill bagi adik-adik di Riau, menjadi bekal untuk mampu berkembang dan bersaing. Bahkan harapan kami di pemerintahan, para peserta VOTED banyak yang berhasil menjadi wirausahawan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan PT Chevron Pacific Indonesia. Semoga kedepannya program terus bergulir dan jangkauannya semakin luas," papar Dra. Linda, MM., selaku Kepala Bidang Pelatihan Disnakertrans Kabupaten Bengkalis, sebelum membuka acara on the job training akbar VOTED. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)