hit counter code


Tingkatkan Kompetensi Mengajar, Ratusan Guru SumSel Ikuti Pelatihan SGI Dompet Dhuafa

Pendidikan, | Tue 11/2019 17:21:30
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PALEMBANG -- Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (SumSel) menggelar pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru pada tingkat Sekolah Dasar. Tercatat sebanyak 147 guru baik dari Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah di Palembang, mengikuti pelatihan tersebut pada Sabtu (24/11/2019), di Aula Penerbit Erlangga, Palembang.

Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan salah satu jejaring Dompet Dhuafa divisi Pendidikan yang mempunyai komitmen untuk melahirkan guru-guru yang memiliki kompetensi dalam mendidik dan mengajar.

Rangkaian pelatihan SGI dibuka oleh Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa SumSel, Kusworo Nursidik, Lc. Dalam sambutannya, ia menyampaikan, pendidikan memang menjadi salah satu fokus Dompet Dhuafa dalam upaya memutus rantai kemiskinan, salah satunya melalui SGI untuk melatih guru-guru yang ada di Sumatera Selatan.

Berkat SGI, Dompet Dhuafa SumSel memiliki jaringan guru-guru dan dosen-dosen kompeten dalam masalah pendidikan. Pada SGI kali ini, Dompet Dhuafa SumSel mendatangkan narasumber-narasumber ahli, di antaranya Fuaddilah Ali Sofyan yang merupakan dosen UIN Raden Fatah Palembang, Sinardi dosen Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Ades Marsela guru besar SGI.

“Selain SGI, Dompet Dhuafa juga memiliki program pendidikan lainnya untuk para pelajar. Para pelajar penerima manfaat itu merupakan mereka yang berprestasi tapi kurang secara finansial keluarga”, terang Kusworo.

Koordinator Wilayah SGI SumSel, Dakim, menyampaikan “Saat ini ada 4.000 aktivis di SGI, sementara untuk wilayah Sumsel ada 217 guru”. Dakim berharap, melalui pelatihan ini para guru mampu mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan dalam mendidik dan mengajar disekolahnya masing-masing. (Dompet Dhuafa/Sumsel/Muthohar)