hit counter code


Zakat Usaha Sablon

Kesehatan, | Wed 05/2015 09:05:05
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Pertanyaan:

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Saya mau tanya ustadz, saya mempunyai usaha sablon dengan penghasilan bersih perbulan 4juta  dan total  alat usaha yang saya punya untuk menjalankan usaha senilai 30juta . Zakat apa saja yang wajib saya bayarkan ?

Terimakasih

 

Jawab:

Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh

Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Pertama: zakat usaha sablon dikeluarkan setiap tahun bila telah memenuhi kriteria zakat. Adapun kriterianya adalah: mencapai nishab (senilai dengan 595 gram perak-sekitar 15 juta menurut sebagian ulama- dan 85 gram emas -sekitar 40 juta menurut ulama yang lain-) dan tersimpan satu tahun dari masa mencapai nishab. Nilai zakatnya adalah 2,5 persen dari nilai uang yang ada.

Kedua: saudara bisa mengeluarkan zakatnya perbulan sebagai cicilan zakat yang seharusnya dibayarkan di akhir tahun apabila saudara telah memiliki simpanan harta yang telah mencapai nishab (misalnya : 15 juta berdasarkan penghitungan perak) . Apabila saudara memilih cara ini, di akhir tahun saudara menghitung nilai zakat yang seharusnya dikeluarkan, lalu dikurangi  dengan nilai zakat yang telah dibayarkan setiap bulan.

Wallahu a’lam