hit counter code


Lima Tahun Tanpa Bantuan Kesehatan, Dompet Dhuafa Riau dan BMT Indragiri Gelar Pengobatan Gratis Untuk Warga Sukajadi

Kesehatan, | Thu 11/2019 18:16:06
Dompet Dhuafa Post Image
Share

RIAU -- Ratusan warga  yang bermukim di Desa Sukajadi, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, antusias menyertakan diri dalam aksi sosial yang di gelar oleh Dompet Dhuafa Cabang Riau bersama BMT Indragiri. Yakni kegiatan pengobatan gratis dan USG yang diadakan pada Selasa (26/11/2019).

Salah satu warga Desa Sukajadi, Angga, menyampaikan antusias warga dalam menyambut aksi sosial seperti ini. Karena kehadiran kegiatan hal serupa sudah lama tidak terjadi di sana.

"Sudah lama kami menantikan hal ini. Pengobatan gratis dan penyuluhan deteksi dini tentu sangat membantu meringankan keluhan rasa sehat warga Sukajadi. Terakhir aksi seperti ini dilakukan pada 2014 lalu. Tentu kami mengharapkan pengobatan gratis yang dilakukan pihak Dompet Dhuafa Riau dan BMT Indragiri dapat dilakukan kontinyu, setidaknya tiga bulan sekali," ungkap Angga.

Mulai usia balita turut hadir bersama orang tua-nya pada kegiatan tersebut. Namun warga yang datang berobat, didominasi usia dewasa dan manula, lelaki maupun perempuan. Dalam pengobatan gratis itu pula, umumnya banyak ditemukan pada warga yang mengalami gejala diabetes, stroke dan mengidap kolesterol.

Munzir, salah satu Tim Program Dompet Dhuafa Cabang Riau, mengatakan, "Tentunya gelaran program tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Kami berupaya menyambut rasa antusias warga di sini dengan penuh kepedulian".

"Selain merupakan kegiatan rutin, kami ingin hadir di tengah masyarakat dengan penuh kasih. Selain itu juga mengingatkan pentingnya kesehatan dengan deteksi dini dan membantu mengobati sakit," paparnya.

Adapun dalam kegiatan pengobatan gratis tersebut, pihak Dompet Dhuafa Riau dan BMT Indragiri melibatkan dua dokter, dua tenaga perawat, satu apoteker dan didukung sejumlah perangkat desa.

"Terima kasih Dompet Dhuafa Riau dan BMT Indragiri. Setelah ikut pengobatan gratis ini, saya jadi tahu bahwa harus menjaga pola makan agar kadar gula terjaga," aku Maryam, seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Desa Sukajadi. (Dompet Dhuafa/Gio/Dhika Prabowo)