hit counter code


Dompet Dhuafa Gelar Aksi Layanan Sehat Bagi Pengungsi Rohingya di Aceh Utara

Kesehatan, | Wed 05/2015 15:52:10
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Tim medis LKC Aceh tengah menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) Dompet Dhuafa bagi pengungsi Rohingya di Provinsi Aceh Utara. (Foto: Dompet Dhuafa)

ACEH- Pengungsi Rohingya saat ini tersebar di beberapa titik di Tanah Air, salah satunya di Aceh Utara. Ada dua titik pengungsian di sini. Kantor Imigrasi Lhoksmawe menjadi tempat penampungan 232 pengungsi asal Bangladesh. Titik pengungsian asal Myanmar berada di tempat pelelangan ikan, Desa Kuala Cangkui, Kecamatan Lapang, Aceh Utara.

Sejumlah bantuan telah diberikan baik dari pemerintah maupun swasta. Begitu juga dengan Dompet Dhuafa, lembaga zakat yang bergerak lebih dari 20 tahun dalam bidang kemanusiaan. Melalui Aksi Layanan Kesehatan (ALS) yang digelar tim medis Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Aceh,  Dompet Dhuafa memberikan bantuan layanan kesehatan bagi pengungsi Rohingya yang berada di Desa Kuala Cangkuy, Provinsi Aceh Utara. Pengungsi Rohingya yang mulai mengalami gangguan kesehatan, merasa terbantu dengan hadirnya aksi ALS yang bertempat di sebuah mushola ini.

“Hingga hari kedua ini banyak pengungsi yang mengalami diare, gangguan pencernaan, gastritis, dan penyakit kulit. Sudah ada 45 pengungsi yang mengeluhkan penyakit yang tercatat hingga siang hari ini,” ujar Alan, tim LKC Aceh, saat dihubungi pada Rabu (20/5).

Dalam kegiatan ALS tersebut tim medis LKC Aceh menurunkan satu tim yang terdiri dari dua orang dokter, dua orang asisten, satu orang apoteker dan seorang perawat. (Erni)

 

Editor: Uyang