Respon Kekeringan Dompet Dhuafa Meluas Hingga ke Tuban

TUBAN- Respon kekeringan yang dilakukan Dompet Dhuafa meluas hingga ke Jawa Timur. Melalui tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa beberapa waktu lalu, sudah dilakukan dropping 10.000 liter air bersih di Rt05/08 dan Rt01/09Dusun Siderejo, Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dengan total penerima manfaat 101 KK atau berjumlah 502 jiwa.

Selain itu, di hari selanjutnya telah dilakukan dropping air sebanyak 20.000 liter di empat RT di Dusun Siderejo, Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Keempat RT tersebut adalah RT 02/09, RT 01/09, RT 06/08, dan RT 05/08. Total penerima manfaat dari dropping kemarin adalah 234 KK, 946 jiwa.

Masyarakat tidak hanya menggunakan air untuk kebutuhan sehari-hari tetapi juga untuk minum ternak mereka berupa sapi dan kambing. “Kebetulan daerah ini adalah daerah pendampingan Dompet Dhuafa di Kluster Mandiri aktivitas kampung ternak”, ujar Iyusmanto, Koordinator kekeringan Tuban ketika dihubungi via telepon pada Jum’at (28/8).

Sebelum dropping air dari Dompet Dhuafa datang, warga membeli air untuk konsumsi sehari-hari dengan harga seribu per jerigen. Sedangkan untuk minum ternak, warga mengambil dari sumber air dengan waktu tempuh satu jam perjalanan menggunakan motor. (Erni)

 

Editor: uyang

 

“22 tahun Dompet Dhuafa Tumbuh Bersama, mari bergandeng tangan wujudkan kemandirian”