Apa Itu #30HariJadiManfaat? Begini Pendapat Mereka

JAKARTA — Sejak menjelang Ramadan 1443, Dompet Dhuafa menyemarakkan tagar #30HariJadiManfaat. Di berbagai media di seluruh penjuru Nusantara, akan ditemui banyak bermunculan tulisan tagar #JadiManfaat. Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksudkan Dompet Dhuafa tentang ini? Berikut beberapa penjelasan dari seorang musisi, ustadz, dan pihak Dompet Dhuafa sendiri.

Pada Rabu (6/4/2022). Dompet Dhuafa bersama Ustaz Erick Yusuf dan Dwiki Dharmawan berkesempatan menggelar acara peluncuran lagu “Sholehkanlah”. Pada kesempatan tersebut pula, mereka membahas tentang tagar Dompet Dhuafa pada Ramdan 1443, yaitu #30HariJadiManfaat.

Dwiki menjelaskan, “#30HariJadiManfaat berarti kita berusaha tidak ingin melewatkan sedikitpun di bulan Ramadan ini untuk tidak melakukan kebaikan selama satu bulan penuh. Termasuk ke dalam diri kita sendiri maupun keluar kepada orang lain. Dengan demikian, kita sama-sama eksplorasi, menjadi inspirasi sebagai refleksi bulan Ramadan ini untuk terus menambah kebaikan”.

Sebuah postingan di instagram Dompet Dhuafa menampilkan tagar #JadiManfaat

Sedangkan Ustadz Erick menjelaskan sedikit lebih panjang. “Terutama juga untuk kaum mager maupun rebahan (sambil tertawa canda), bulan Ramadan bukan bulan kita tidur-tiduran. Memang tidur pun menjadi nilai pahala, tapi bukan tidurnya diganjar pahala. Melainkan puasanya ketika tidur dihitung menjadi nilai pahala. Hati-hati, banyak orang salah memahami ini. Ketika dia tidak shaum ya berarti sama saja tidurnya seperti tidur biasa”.

Ia menyeru untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan bulan Ramadan ini agar bisa mentransformasi 24 jam selama 30 hari menjadi nilai ibadah. Jadi 30 hari itu dilihat dari 24 jamnya. Ia mengajak untuk melakukan kebaikan apapun baik besar maupun kecil sesuai dengan yang bisa dilakukan.

“Kita harus hunting di mana ada gerbong kebaikan, kita ikuti. Misalnya Dompet Dhuafa memiliki program berbagai, wah ini adalah lokomotif kebaikan. Masuklah, ikut dalam gerbong tersebut. Kalau udah selesai, nanti hunting lagi. Seperti teman-teman media saat sekarang ini. Kadang-kadang antum tidak paham bahwa apa yang telah dilakukan oleh media itu powerful sekali,” tuturnya.

Kalender Imsakiyah Dompet Dhuafa dengan tagar #JadiManfaat

Ia kemudian mengutip hadits Nabi

من دلّ على خير فله أجر فاعله

Barang siapa yang menyampaikan kebaikan, dia akan mendapatkan pahala yang sama dengan yang mengerjakannya.

“Media ketika mensyiarkan kebaikan dan orang terinspirasi. Maka satu orang yang melakukan kebaikan, pahala juga akan sampai kepada yang mensyiarkan. Jadi sebar sebanyak-banyaknya kabar-kabar kebaikan. Insyaallah 30 hari kita jadi manfaat,” tutupnya.

Sebuah billboard di wilayah Tangerang Selatan menampilkan tagar #JadiManfaat

Selanjutnya Etika Setiawanti selaku Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa turut memaparkan, “Ini merupakan pesan yang sengaja kita munculkan secara mendalam. Filosofinya adalah banyak orang ketika Ramadan menyesal di belakang. Menyesalnya ketika sudah di hari ke 20 bahkan waktu-waktu menjelang Ramadan berakhir. Seakan hari-hari baik selama bulan Ramadan itu terlewat begitu saja, tanpa memberikan manfaat lebih bagi diri sendiri maupun orang lain, baik di dunia maupun di akhirat”.

Maka, lanjutnya, Dompet Dhuafa sudah selayaknya terus menyiarkan kebaikan dan juga menawarkan kolaborasi-kolaborasi kebaikan. Terutama kepada anak yatim, jangan sampai lupa bahwa ada mereka-mereka yang butuh dibantu. Etika menyebutkan ada 200 program lebih yang diusung dan dikelola oleh Dompet Dhuafa.

“Jadi sangat cukup sekali selama 30 hari di bulan Ramadan ini menuntaskan 30 Hari #JadiManfaat. Selama 30 hari ini mari kita jadwalkan perharinya mau ikut dalam program apa di Dompet Dhuafa,” ujarnya.

Sebuah billboard di wilayah Jakarta Selatan menampilkan tagar #JadiManfaat

Kamaluddin selaku Layanan Sosial Dompet Dhuafa juga turut menambahkan, bahwa yang berkesempatan hadir bertemu dengan Ramadan 1443 ini adalah orang-orang yang beruntung. Kerena tidak semua orang berhasil menemui Ramadan. Maka sudah sepatutnya kesempatan ini digunakan untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya. Ini adalah anugerah maka jangan sampai disia-siakan.

“Selama 30 hari ini bahkan mungkin setiap detiknya harus bisa #JadiManfaat. Dompet Dhuafa memberikan ruang kepada masyarakat untuk bisa berbagi dan tidak menyia-nyiakan kesempatan Ramadan ini. Sejak bulan Rajab dan Syaban kita sudah minta kepada Allah untuk dipertemukan dengan Bulan Ramadan. Nah kita sudah dikasih nih, maka ayo kita gunakan kesempatan ini untuk#JadiManfaat,” jelasnya.

Kalau kamu bagaimana? Apa #30HariJadiManfaat menurut vesi kamu?

Bagikan tulisan ini jika menurut kamu bermanfaat. Dengan begitu kamu sudah ikut dalam #30HariJadiManfaat.