Bahagia Warga Desa Ello Miliki Kemudahan Akses Air Bersih

Peresmian Sumur Bor Dalam dari Program Air Untuk Kehidupan Dompet Dhuafa

TIMOR TENGAH SELATAN, NTT — Desa Ello merupakan salah satu wilayah di kawasan Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Seperti pada umumnya desa di kabupaten Timor Tengah Selatan, musim kemarau terjadi lebih panjang dari musim penghujan. Kemarau rata-rata hadir sepanjang 7 bulan, mulai dari April sampai Oktober. Terlebih jenis tanah di Ello merupakan batuan karang. Sehingga saat musim kemarau akan sangat panas.

Untuk memenuhi kebutuhan dan akses air, masyarakat di sana mengambil air dari sungai/kali yang airnya keruh. Kemudian, demi memenuhi kebutuhan air bersih untuk minum dan memasak, warga membeli air tangki seharga Rp 300.000,- per tangki ukuran 2500 liter. Tentu biaya tersebut berat bagi warga di Ello, yang memiliki kondisi ekonomi di bawah rata-rata.

Berdasar problematika di atas, Dompet Dhuafa dan Maybank Syariah berusaha menghadirkan akses air bersih di Desa Ello. Kali ini melalui langkah pembuatan sumur bor dalam di Dusun Enoana, Desa Ello, Kecamatan Fatukopa. Pembangunan sumur bor dalam di Desa Ello, bukan perkara mudah. Banyak tantangan di saat pembangunannya, terlebih kondisi musim penghujan yang tak kunjung henti di wilayah tersebut sejak Desember hingga Februari.

Warga Desa Ello Mengakses Air Bersih
Warga Desa Ello mengakses air bersih di Sumur Bor Dalam dari Program Air Untuk Kehidupan persembahan nasabah Maybank Syariah melalui Dompet Dhuafa.

Akhirnya, pada 28 Maret 2022, Sumur Bor Dalam yang merupakan bagian Program Air untuk Kehidupan Dompet Dhuafa tersebut, resmi mulai dapat di akses warga. Saat acara peresmian berlangsung, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa NTT Sriyati hadir langsung dan melihat kebahagiaan warga memiliki akses air bersih yang dekat.

“Ini sama-sama digunakan untuk seluruh warga. Kami hanya memfasilitasi kebaikan para donatur. Semoga para donatur senantiasa berlimpah pahala kebaikan. Mohon doanya untuk beliau-beliau semuanya, para donatur, agar berlimpah keberkahan hidup dan kebaikan dari apa yang sudah diberikan,” ungkap Sriyanti, seraya mengajak para warga Desa Ello mendoakan para donatur Dompet Dhuafa yang telah menghadirkan akses air bersih tersebut.

Debit Air Melimpah
Debit air bersih dari Sumur Bor Dalam program Air Untuk Kehidupan memiliki debit yang melimpah.

Adanya sumur bor dan penampungan air tersebut, nantinya dapat dimanfaatkan oleh kurang lebih 230 Kepala Keluarga dengan total warga sekitar 500 jiwa di dua dusun di Desa Ello. Air yang mengalir deras dari sumur bor dalam tersebut, menjadi keberkahan warga yang selama ini mengandalkan air kali.

“Terima kasih kami sampaikan untuk Maybank Syariah dan Dompet Dhuafa yang sudah rela mengorbankan sebagian rezekinya untuk kampung ini, untuk daerah ini. Saya mewakili seluruh warga hanya dapat membalas dengan ucapan dan doa. Semoga kebaikan para ahsin atau muhsinin mendapat ganjaran dan pahala dari Allah SWT. Dari sini debit airnya besar dan rasanya tidak antah berantah, walaupun baru sebulan kami nikmati. Rasanya bagus, jernih dan debitnya melimpah,” jelas Syamsudin Metboki, selaku Kepala Desa Ello, kepada tim Dompet Dhuafa setelah sebulan menikmati akses air bersih dari sumur bor dalam dari Program Air Untuk Kehidupan Maybank Syariah dan Dompet Dhuafa.