Bagaimana Cara Merobohkan Sapi Kurban Yang Benar? Penting!

Jenis hewan kurban

Sapi merupakan salah satu hewan kurban yang penuh berkah, berat badannya jauh lebih besar dibandingkan hewan-hewan kurban lainnya seperti domba dan kambing. Namun disebabkan berat badannya bisa mencapai hingga 1 ton, penanganannya jauh lebih rumit dan harus lebih hati-hati dibandingkan hewan kurban lainnya, terutama cara merobohkan sapi kurban yang benar. Perlu diingat bahwa sapi kurban juga dapat merasakan rasa takut dan sakit seperti manusia, oleh karena itu perlu diketahui cara yang paling tepat untuk merobohkan sapi tanpa merasakan rasa sakit sebelum disembelih.

Cara-Cara Merobohkan Sapi Yang Benar

cara merobohkan sapi kurban yang benar

Baca Juga: Ketentuan Kurban yang Benar Adalah Berikut Ini, Yuk Simak!

Proses penyembelihan hewan kurban seperti sapi membutuhkan banyak tenaga bagi yang belum berpengalaman seperti saat merobohkannya. Namun terdapat teknik agar tubuh sapi menyentuh tanah dengan selamat dan aman. Metode yang pertama disebut metode burley.

Metode Burley

  1.  Untuk sapi yang telah terbiasa di kalangan manusia dapat dirobohkan menggunakan metode burley.
  2. Menggunakan tali bukan plastik, dan direkomendasikan menggunakan tali tambang dengan tujuan tidak terlepas saat menjerat sapi karena tali tersebut licin.
  3. Menyilangkan tali pada bawah dada dan punggung sapi
  4. Kemudian Sapi dibaringkan menghadap kiblat dengan diarahkan pada sisi sebelah kiri dengan kepala di selatan.
  5. Jika hewan kurban yang sudah dalam posisi berbaring atau telah dirobohkan tidak menghadap kiblat, jangan pernah diseretkan atau dibalik.
  6. Hanya melaksanakan penyembelihan saat sapi sudah dalam posisi berbaring.

Metode Rope Squeeze

  1. Metode rope squeeze atau pemerasan merupakan metode yang dilaksanakan dengan menyimpul dari arah depan hingga ke belakang pada tubuh sapi membentuk simpul.
  2. Setelah itu, segera tarik tali ke arah belakang secara gotong royong.
  3. Jika sudah sapi sudah berhasil roboh, tali tersebut tidak dilepas dan tetap tarik dari belakang.

Metode Ciptaan Dosen Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Seorang dosen peternakan asal Universitas Gadjah Mada (UGM)  juga menemukan cara bagaimana merobohkan sapi dengan  mudah dan aman tanpa membutuhkan banyak orang, berikut langkahnya.

  1. Persiapkan seutas tali tambang.
  2. Kemudian ikat tali pada leher sapi kurban
  3. Selanjutnya, ditarik melalui kaki dengan sapi, dan dililit sebanyak dua kali di bagian depan dan belakang kemudian tarik melalui belakang sapi.

Dalam metode ini, sapi dirobohkan secara perlahan dengan tujuan agar sapinya tidak kekurangan oksigen akibat terhambat oleh tali yang menjerat pada tubuhnya, setelah itu agar dapat disembelih dengan aman, kaki harus segera diikat untuk keselamatan penyembelih.

Baca juga: 6 Tata Cara Kurban Agar Tidak Ngamuk Saat Disembelih

Demikian cara-cara merobohkan sapi kurban dengan benar, semoga Sahabat mendapatkan berkah dan perlidungan dari Allah SWT saat menunaikan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha, sehingga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan lancar.

CTA-Kurban-Dompet-Dhuafa-300x86 (1)