Minim Akses, DD Jawa Timur Distribusikan Daging Via Jalur Laut ke Dusun Merak

SITUBONDO, JAWA TIMUR — Di hari penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 1443 bertepatan Minggu (10/7/2022), Tim Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa Jawa Timur mendistribusikan 50 hewan domba/kambing (doka) ke Dusun Merak, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi tidaklah mudah, tim menuju Dusun Merak harus melalui jalur laut menggunakan perahu kecil. Pasalnya, Dusun Merak yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Baluran, Jawa timur tersebut lebih sulit dan lebih jauh jika ditempuh melalui jalur darat.

Kambing/domba merupakan hewan dari DD Farm Situbondo binaan Dompet Dhuafa

Kepala Unit Banyuwangi Dompet Dhuafa Jawa Timur, Achmad Efendi bersama rekan-rekannya setimnya menempuh jalur laut selama kurang lebih 2 (dua) jam. Atas dasar pertimbangan keselamatan, sebagian besar hewan kurban sudah terlebih dahulu disembelih dan dikuliti di Sentra Ternak Situbondo, program binaan Dompet Dhuafa Jawa Timur.

“Di sana (Dusun Merak) terbagi dalam beberapa lingkungan, total kurang lebih terdapat 400 kepala keluarga dan semuanya akan mendapat manfaat daging kurban,” jelas Pak Pepen, sapaan akrab Efendi.

Daging hewan kurban akan didistribusikan untuk 400 kepala keluarga di Dusun Merak.
Dengan menggunaan perahu dakwah dari YBM PLN, tim THK Dmpet Dhuafa Situbondo mendistribusikan daging kurban ke Dusun Merak, Situbondo

Tebar Hewan Kurban akan menjangkau titik-titik wilayah yang kekurangan pasokan daging kurban, tidak hanya di Pulau Jawa tapi menjangkau seluruh pelosok di Indonesia. Di sisi lain, Dompet Dhuafa Papua mendistribusikan hewan dan daging kurban hingga ke perbatasan Papua Niugini. Sedangkan di bagian selatan, Dompet Dhuafa NTT mendistribusikan hewan dan daging hingga ke perbatasan Timor Leste. (Dompet Dhuafa/Aryo Prasojo)