Dompet Dhuafa Banten Raih Juara 1 LAZ Unggulan Pada Shafara 2022

SERANG, BANTEN — Bank Indonesia (BI) Banten menggelar malam puncak Sharia & Halal Festival Jawara (Shafara) 2022, Minggu (04/09/2022), di Gedung Juang, Kota Serang. Kegiatan ini diinisiasi untuk mengajak masyarakat agar siap bertahan dalam kondisi ekonomi saat ini dan terus berjuang meningkatkan keuangan ekonomi syariah Banten.

Dompet Dhuafa Banten yang ikut serta memeriahkan kegiatan tersebut sukses menyabet gelar Juara 1 untuk kategori LAZ unggulan se-Provinsi Banten. Gelar Juara 1 ini mampu diraih oleh Dompet Dhuafa Banten lantaran program pemberdayaan ekonomi yang dinilai mampu mengatasi kemiskinan dan membuka peluang usaha bagi masyarakat.

DD Banten Raih Juara 1 LAZ Unggulan Pada Shafara 2022

Mokhlas Pidono selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Banten yang hadir langsung dalam malam puncak Shafara 2022 sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaannya selama ini kepada Dompet Dhuafa. Ke depannya, Dompet Dhuafa akan terus meningkatkan manfaat seluas-luasnya melalui berbagai program salah satunya pemberdayaan.

“Gelar Juara ini tentunya menjadi dorongan positif bagi Dompet Dhuafa Banten dan seluruh jejaring lainnya yang ada di seluruh Indonesia dalam mengembangkan pemberdayaan berbasis Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya para mustahik. Dompet Dhuafa secara terbuka mengajak siapa saja untuk turut berkolaborAksi bersama menebar kebaikan seluas-luasmya,” ucap Mokhlas.

DD Banten Raih Juara 1 LAZ Unggulan Pada Shafara 2022

Salah satu program pemberdayaan unggulan besutan Dompet Dhuafa Banten adalah Dompet Dhuafa (DD) Farm yang terletak di Kecamatan Curug, Kota Serang, sudah berdiri sejak 2019. DD Farm menerapkan konsep pembiayaan gabungan antara wakaf dengan zakat di tahap awal, lalu ditumbuhkan dengan investasi ekonomi di tahap selanjutnya. Model pembiayaan ini populer disebut blended finance.

Secara teknis, DD Farm mengubah model pemberdayaan peternak dari model plasma menjadi model sentra. Masyarakat penerima manfaat direkrut dengan kriteria mustahik dan mekanisme akad sebagai pekerja. Selama dua tahun, mustahik tersebut dilatih tentang manajemen kandang, pakan, kesehatan ternak, administrasi peternakan, dan lain sebagainya. Setelah itu, berdasarkan mekanisme seleksi yang ketat, mustahik yang lulus diberikan inkubasi dalam bentuk modal anakan ternak agar menjadi peternak.

DD Banten Raih Juara 1 LAZ Unggulan Pada Shafara 2022

Sampai saat ini DD Farm Banten terus berkembang. Program pemberdayaan milik Dompet Dhuafa ini tak hanya memiliki kandang yang mampu menampung ribuan ekor domba dan kambing saja, tetapi juga memiliki Rumah Potong Hewan (RPH) terstandarisasi.

Baca juga: Tak Hanya Kandang, DD Farm Juga Memiliki Rumah Potong Hewan

Rumah Potong Hewan yang tersedia saat ini digunakan untuk permintaan kebutuhan pemotongan langsung seperti akikahku, frozen food, daging kiloan, hingga pesanan untuk support kebutuhan dari rumah makan dan resto yang ada diwilayah Serang, Cilegon, Tangerang, hingga Jakarta. (Dompet Dhuafa / Arlen)