Pameran Foto Jakhumfest 2023 Angkat Tema “Local Heroes”

JAKARTA – Penyelenggaran Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2023 berlangsung selama 2 (dua) hari, pada Sabtu – Minggu (28 – 29 Januari) bertempat di Posbloc, Filatelli, Jakarta. Selama 2 hari tersebut, Jakhumfest memanjakan mata para pengunjung dengan suguhan pameran fotografi yang mengangkat tema “Localheroes: Ini Tentang Kita”.

Melalui gelaran Jakhumfest 2023 kali ini, Dompet Dhuafa mengajak para generasi milenial untuk peduli isu-isu kemanusiaan. Rangkaian acara lainnya adalah Humanitalk, Lokakarya, Bazaar Barang Kenangan, dan diakhiri dengan konser Sound of Humanity.

“Kami percaya, banyak kisah di sekitar kita. Bahagia, tawa, juga bangga. Bahkan lelah, masalah, dan rasa bersalah. Mungkin saja ini sedang kita alami bersama. Atau, kita sedang tidak melihat yang seharusnya terlihat,” ucap Dandy e Fathoni selaku Ketua Jakhumfest.

Pameran foto banyak dinikmati oleh para generasi milenial.

Dengan adanya pameran foto ini, Dompet Dhuafa juga mengajak para pengunjung untuk melihat hasil tangkapan para fotografer kemanusiaan Dompet Dhuafa dari berbagai sudut pandang. Di antara mereka adalah Riza Muthohar, Arifian Fajar, Aryo Prasojo, Ronggo Wirasanu, Taufan YN, Ayu Nadia, Irawan, Harlan, Elmira, dan Dhika Prabowo.

“Kami menampilkan gambar-gambar yang menyentuh, Mereka (pengunjung) datang dari berbagai daerah. Tanggapan mereka, foto-foto ini meaningful. Kami berharap melalui foto-foto ini, masyarakat dapat meningkatkan gairah simpati pada momentum Humanesia untuk mereka dan kita semua,” terang Dhika Prabowo.

Anak-anak pun menikmati pameran foto.

Jakhumfest #IniTentangKita hadir dengan ragam perbedaan dalam satu persamaan. Dengan upaya dan percaya, bahwa dukungan kemanusiaan lapisan masyarakat turut menguatkan satu sama lain. Dedikasi kepedulian itu Dompet Dhuafa rangkum dalam momentum campaign Humanesia, agar optimis menyala yang membuka tahun 2023.

“Kami juga yakin, semakin kita membantu orang lain, semakin juga kita menyadari, betapa kita sedang membantu diri kita sendiri. Mungkin, sesuatu yang kita cari dalam perjalanan hidup ini, ada dekat dengan kita. Bukan tentang seberapa jauh pencapaian itu,” imbuh Dandy.

Sementara itu, pada tanggal 29 Januari 2023 nanti, acara Jakhumfest akan dihadiri sejumlah jajaran direksi Dompet Dhuafa serta perwakilan dari Pos Bloc. Hadir juga penampilan para musisi seperti Mocca, Marjinal, Chiki Fawzi, hingga The Rain. Selain itu ada penampilan sejumlah Komika Indonesia melalui standup Comedi seperti Budi (Suci X), Dwi (Suci X), Kukuh (Suci X), Irfan (Suci X) dengan MC (Ilham Setiadi dan Syukron Jamal), dilanjutkan performa dari Finalis Schoolunteer Contest Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). (Dompet Dhuafa/Muthohar)