Suhu Dingin, Korban Gempa Turkiye Butuhkan Sepatu dan Kaus Kaki

gempa-turkiye

TURKIYE — Cuaca dingin yang melanda Turkiye membuat kondisi para korban gempa semakin sulit. Kebutuhan dasar mereka kini bukan hanya soal bahan pangan, tetapi juga kebutuhan papan seperti selimut dan tempat tinggal yang hangat serta layak.

Jovan Pradana, relawan Dompet Dhuafa di Turkiye melaporkan bahwa saat ini para pengungsi, khususnya pengungsi di Antakya, Provinsi Hatay sangat membutuhkan sepatu beserta kaus kaki. Hal ini lantaran cuaca di Turkiye sangat dingin. Bahkan, sepekan ke depan diprediksi suhu di Turkiye dapat menyentuh 1 derajat celcius.

“Untuk di tempat (pengungsian) ini, yang mereka butuhkan adalah sepatu dan kaus kaki, karena mereka merasa kedinginan,” ujar Jovan Pradana.

Baca juga: Dompet Dhuafa Salurkan 100 Paket Sembako di Wilayah Terdampak Gempa Turkiye-Suriah

gempa-turkiye
Relawan Dompet Dhuafa saat mendistribusikan bantuan selimut bagi para penyintas gempa di Turkiye.

Sebelumnya, relawan Dompet Dhuafa tampak membagikan selimut kepada para pengungsi di Antakya, Hatay, Turkiye. Selimut menjadi barang penting yang dibutuhkan oleh para pengungsi, lantaran mereka tinggal di tenda darurat seadanya tanpa penghangat. Para pengungsi hanya memiliki pakaian hangat milik pribadi masing-masing yang masih tersisa untuk menghangatkan diri dan bertahan di cuaca dingin.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para penyintas gempa mendirikan tenda darurat sederhana hanya dengan bahan dari kain. Bahkan, kontainer truk pun disulap menjadi tempat tinggal sementara untuk para penyintas. Perlu diketahui, Antakya menjadi salah satu lokasi terparah yang terdampak gempa, hampir 80 persen bangunan di sana luluh lantak diterjang gempa.

gempa-turkiye-suriah
Relawan Dompet Dhuafa menyerahkan bantuan selimut kepada pengungsi di Turkiye.

Dompet Dhuafa Distribusikan 100 Paket Sembako

Selain selimut, relawan Dompet Dhuafa melalui komando Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa juga telah mendistribusikan 100 paket sembako bagi para penyintas gempa di Turkiye.

“Kurang lebih 100 paket sembako kita distribusikan di dua distrik terdampak gempa,” tutur Jovan Pradana saat melaporkan situasi terkini di lokasi bencana.

Baca juga: Gaungkan Solidaritas untuk Turkiye dan Suriah, Dompet Dhuafa Gelar Walk For Humanity

gempa-turkiye-suriah
Relawan Dompet Dhuafa megantarkan bantuan paket sembako kepada para pengungsi.

Sementara itu, menurut data yang dihimpun oleh Al-Jazeera, per 12 Februari 2023, setidaknya sudah ada sebanyak 29.605 jiwa yang dilaporkan meninggal dunia di Turkiye dan 4.500 jiwa meninggal dunia di Suriah akibat bencana gempa dahsyat yang terjadi pada Senin (6/2/2023).

Mari ulurkan bantuan kita untuk para penyintas Gempa Turkiye dan Suriah, Sahabat dapat menyalurkannya melalui Dompet Dhuafa dengan mengeklik tautan berikut: 

BANTU KORBAN GEMPA TURKIYE-SURIAH