Dompet Dhuafa Permudah Bayar Zakat Fitrah Hingga Beli Hewan Kurban via Aplikasi DANA

bayar-zakat-fitrah-lewat-dana

JAKARTA — Bekerja sama dengan aplikasi DANA, Dompet Dhuafa hadirkan kemudahan membayar zakat fitrah secara online. Seperti kita ketahui, bulan Ramadan menjadi momentum bagi umat Islam untuk menunaikan rukun Islam yang keempat, yakni berzakat. Di bulan suci ini, zakat fitrah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk dibayarkan.

Rasulullah Saw sendiri telah mewajibkan umatnya untuk membayar zakat fitrah dengan satu sha’ kurma atau gandum yang setara dengan 2,5 kilogram beras. Namun demikian, zakat fitrah juga dapat ditunaikan dalam bentuk uang tunai yang nilainya setara dengan harga makanan pokok.

Di era digital ini, pembayaran zakat fitrah pun semakin mudah, karena bisa ditunaikan hanya lewat genggaman. DANA menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan fitur zakat fitrah secara online. Fitur tersebut dihadirkan atas kerja sama DANA dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional, Dompet Dhuafa.

Baca juga: Syiar Perahu Dakwah Dompet Dhuafa Tebar Zakat di Pedalaman Mentawai

Kerja sama yang terjalin antara DANA dan Dompet Dhuafa pun istimewa. Bukan hanya sekedar fitur pembayaran zakat online, DANA turut menghadirkan fitur-fitur lain yang terkait dengan aksi kebaikan, di antaranya seperti donasi, wakaf, infak, bayar fidyah, hingga membeli hewan kurban.

Para pengguna yang memilih untuk membayar zakat melalui DANA juga tak perlu khawatir soal keterbukaan penyaluran dananya. Sebab, Dompet Dhuafa sebagai LAZ Nasional selalu transparan dengan laporan pendayagunaan dana zakat dan dana sosial lainnya.

bayar-zakat-fitrah-lewat-dana
Tampilan program mini Dompet Dhuafa di aplikasi DANA.

GM Resources Mobilization Dompet Dhuafa, Ahmad Faqih Syarafaddin berharap, kerja sama dengan DANA ini dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan ibadah. Dompet Dhuafa dan DANA juga akan terus berkomitmen untuk mewujudkan pengalaman transaksi yang aman dan tepercaya.

“Dompet Dhuafa berterima kasih kepada para donatur dan masyarakat yang terus mengamanahkan zakat, infak, sedekah, dan wakafnya. Dengan adanya kolaborasi dengan DANA, Dompet Dhuafa berharap masyarakat akan lebih mudah untuk menjalankan ibadah, salah satunya menunaikan zakat di dalam era disrupsi digital ini dengan pengalaman bertransaksi yang mudah, efektif, dan seamless.”

“Dompet Dhuafa bersama DANA juga berkomitmen untuk mewujudkan pengalaman transaksi yang aman dan terpercaya, sehingga masyarakat dapat melangkah lebih maju menuju solusi kebutuhan yang berkelanjutan,” tutur Ahmad Faqih.

Baca juga: Terapkan Zakat Fitrah Sejak Dini, TK Islam Tugasku Gandeng Dompet Dhuafa KolaborAksi Zakat Day Pesantren Ramadhan

Senada dengan Ahmad Faqih, Sharon Issabella selaku Head of Communications DANA Indonesia juga senang dengan kolaborasi yang berjalan antara DANA dan Dompet Dhuafa. Harapannya, dengan adanya program mini Dompet Dhuafa di aplikasi DANA, umat muslim dalam menunaikan ibadah dengan lebih mudah dan lancar.

“DANA menyambut baik kerja sama dengan Dompet Dhuafa melalui mini program ini. Kami melihat adanya kepercayaan yang tumbuh dari masyarakat terhadap solusi dompet digital, termasuk pembayaran infak, zakat, dan aksi kebaikan lainnya di bulan Ramadan. Oleh karena itu, kami juga selalu memastikan dan menjamin keamanan dalam setiap pembayaran zakat yang dilakukan melalui mini program Dompet Dhuafa di aplikasi DANA, sehingga masyarakat dapat menunaikan ibadahnya dengan lancar,” ungkap Sharon Issabella, Head of Communications DANA Indonesia.

Karena tidak terikat dengan ruang dan waktu, pembayaran zakat fitrah melalui DANA pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, di penghujung Ramadan yang mulai disibukkan oleh aktivitas mudik ini, umat Islam tetap bisa menunaikan zakat fitrah tanpa perlu khawatir terlewat waktunya, sehingga mudik pun terasa tenang. Pembayaran zakat fitrah melalui DANA bisa dilakukan selama Bulan Ramadan hingga tanggal 22 April 2023 pukul 05.00 WIB.

Cara menunaikan zakat fitrah di DANA pun cukup mudah. Caranya, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi DANA, kemudian klik menu Zakat Fitrah. Sebelum membayar, isi dulu nama lengkap kamu, ya! Di sana terdapat informasi besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh setiap orang. Pengguna juga bisa langsung mengakses link di bawah ini untuk menunaikan zakat fitrah.

Klik di sini Untuk Bayar Zakat Fitrah via DANA