Ternyata Inilah Manfaat Membaca Ayat Kursi

Apa manfaat membaca ayat kursi? Ayat kursi yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 255 memang memiliki keutamaan tersendiri. Hal ini sejalan dengan yang disebutkan dalam sebuah hadis.

“Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al-Quran adalah QS Al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Al-Quran yaitu ayat kursi.” (HR. Tirmidzi)

Hal yang menjadi keutamaan dan manfaat dari ayat kursi ini sebenarnya ada pada arti dan maknanya. Sebagaimana ayat-ayat lainnya, ayat kursi juga memiliki pemaknaan tersendiri dan tafsir yang mendalam.

Bacaan dan Arti Ayat Kursi

Membaca ayat kursi sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, namun ada waktu-waktu utama untuk membacanya. Di antaranya pada waktu setelah salat, setiap pagi dan petang, dan sebelum tidur. Sebelum mendalami apa makna dan manfaat dari ayat kursi, mari kita terlebih dulu membaca ayat tersebut berikut dengan artinya.

Baca juga: Ayat Al-Quran Tentang Zakat yang Bergandengan dengan Perintah Shalat

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim)

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.Sejalan dengan hadits tersebut, Syekh Al-Bunni juga menerangkan bahwa ayat kursi akan memberikan kita nikmat berupa pertolongan Allah, memudahkan segala hajat yang dimiliki, melapangkan pikiran, luasnya rezeki, dicabut duka, dan dikabulkan doa yang diminta.

Manfaat Membaca Ayat Kursi dalam Keseharian

Sebagai seorang Muslim, membaca ayat kursi sudah seharusnya menjadi suatu kebiasaan tersendiri dalam hidup sehari-hari. Untuk itu, berikut beberapa manfaat dari membaca ayat kursi dalam keseharian diri seorang Muslim.

Baca juga: Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Gempa Bumi dan Maknanya

manfaat-membaca-ayat-kursi

  1. Membuka Pintu Rezeki dan Hikmah

Dalam kitab Asraarul Mufidah disampaikan bahwa siapa yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali dalam sehari, maka Allah akan membukakan pintu hikmah, rezeki, dan dinaikkan derajatnya oleh-Nya di dunia dan akhirat. Untuk itu, sebagai salah satu ikhtiar tidak ada salahnya jika kita membaca ayat kursi ini saat salat wajib 5 waktu, salat sunah qobla dan bada, serta dalam doa zikir pagi dan petang.

  1. Pahala Seperti Syahid

Dalam sebuah hadis disampaikan, “Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai salat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid” . (HR. Hakim)

Untuk itu, tentu ini adalah sebuah keutamaan yang dahsyat. Setiap muslim tentu ingin mati dalam keadaan syahid dan mendapatkan pahala seperti para sahabat nabi dan rasul yang berjuang di jalan Allah. Membaca ayat kursi bisa menjadi salah satu jalannya.

  1. Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Rasulullah Saw bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Bukhari).

Baca juga: Ini 4 Penyebab Terjadinya Bencana Alam Menurut Al-Quran

manfaat-membaca-ayat-kursi

  1. Dimudahkan Segala Urusan 

Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa yang pulang ke rumahnya dan membaca ayat kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya.” 

Bacalah ayat kursi sebanyak yang kita bisa, agar bisa terhindar dari segala gangguan setan, nafsu diri yang berlebihan, dan dengan begitu kita akan senantiasa terjaga dengan lindungan Allah Swt.

Semoga kita sebagai umat Islam dapat konsisten untuk membaca ayat kursi. Selain ayat kursi, jangan lupa untuk membaca doa lainnya seperti, Doa di Malam Lailatul QadarDoa Tolak BalaDoa-Doa Memohon Pertolongan Allah dalam Al-QuranDoa Qunut Nazilah, dan sebagainya.