Manfaat Sedekah Ramadan dan Dampaknya Bagi Seorang Muslim

manfaat sedekah di bulan ramadan

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan dicontohkan juga oleh Rasulullah SAW. Luar biasanya,ternyata ada banyak manfaat sedekah Ramadan yang berdampak baik bagi kehidupan seorang Muslim. Amal kebaikan apapun sebenarnya di bulan Ramadan sangatlah besar imbalan pahalanya, termasuk bersedekah.

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari Muslim)

Untuk itu, mari kita simak apa saja manfaat sedekah di bulan Ramadan yang akan seorang muslim dapatkan dalam hidupnya. Semoga bisa segera diamalkan, sahabat!

1.     Pahala Berlipat Ganda, Salah Satu Manfaat Sedekah Ramadan

Walaupun ibadah sunnah, ibadah dan amal kebaikan apapun di bulan Ramadan akan dilipatgandakan hasilnya. Termasuk bersedekah, sekecil apapun yang kita mampu dan miliki, tentunya Allah SWT Maha Tahu bagaimana niat dalam hati kita.

Sedekah yang diberikan asalkan benar-benar dari keikhlasan hati, bersumber dari harta yang halal, dan memberikan manfaat untuk banyak orang tentu akan memberikan keberkahan bagi yang menerima dan kita sebagai pemberinya.

2.     Sedekah di Bulan Ramadan Menghapus Dosa

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, ”Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (HR Tirmidzi)

Sebagai manusia, sudah pasti ada banyak sekali dosa-dosa yang kita miliki. Baik yang sifatnya kecil yang sering tidak disadari, ataupun yang sifatnya besar dan sering kali juga dengan sadar kita melakukannya. Dengan bersedekah di bulan Ramadan, ini adalah kesempatan besar untuk menghapus berbagai dosa-dosa kita.

3.     Menambah Keberkahan Harta

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran lewat banyak sekali ayat-ayat bahwasanya sedekah bukanlah sesuatu yang akan merugikan manusia. Sedekah justru akan menambah rezeki dan keberkahan harta.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS Saba: 39)

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak”. (QS Al Hadid: 18)

Dalam ayat di atas menunjukkan bahwa sedekah diumpamakan pinjaman kepada Allah SWT dan Allah akan mengembalikannya berkali lipat. Siapa manusia yang tidak ingin mendapatkan keuntungan seperti ini? Tentu semuanya sangat ingin. Apalagi balasan kebaikan tersebut, langsung diganti oleh Allah SWT.

4.     Terbukanya Pintu Surga Bagi Muslim yang Bersedekah

Kehidupan di surga adalah hal yang diimpikan dan diidam-idamkan oleh seorang muslim. Dengan bersedekah maka surga menjadi lebih terbuka bagi mereka yang mengikhlaskan hartanya di jalan Allah.

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari & Muslim)

Kita tidak pernah tahu pintu surga mana yang akan terbuka bagi kita. Untuk itu, sebagai seorang muslim wajib bagi kita untuk menjalankan ibadah sebanyak-banyaknya agar dari sanalah pintu surga dapat terbuka bagi kita.

5.     Memberikan Ketenangan Hati dan Batin

Orang-orang yang bersedekah hatinya akan jauh lebih tenang dan khusyuk. Dengan sering bersedekah maka kita tidak akan menyesal kelak di akhirat Allah SWT mempertanyakan seluruh amalan dalam kehidupan kita.

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (dengan penyesalan), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih.” (QS. Al Munafiqun: 10)

Sebelum menyesal, maka sedekahlah dari sekarang berapapun dan semampu yang kita bisa. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, kecuali ajal sudah ada di hadapan kita.

Jadi Manfaat dengan Sedekah Bersama Dompet Dhuafa

Begitu banyak peluang kita untuk beramal salih di bulan Ramadan ini. Sekarang, sedekah adalah salah satu jalan untuk kita bisa meraup pahala sebanyak-banyaknya dan juga menjadi orang yang bermanfaat untuk sesama.

Untuk Jadi Manfaat, sahabat bisa dengan mudah bersedekah bersama dengan Dompet Dhuafa. Ada banyak pilihan program untuk bisa Jadi Manfaat untuk sesama di bulan Ramadan dan meraih berkah di bulan spesial ini.

Pilih Kebaikan dan Jadi Manfaat seperti yang sahabat inginkan dengan klik banner di bawah ini!

30 hari jadi manfaat dompet dhuafa