Keceriaan Siswa Smart Ekselensia Dompet Dhuafa Warnai Pelepasan Pulang Kampung 2023

program-pulang-kampung-dompet-dhuafa

BOGOR — Salah satu budaya Indonesia jelang Idulfitri adalah mudik alias pulang kampung. Mudik menjadi momen pertemuan dengan keluarga besar di kampung halaman dan menikmati kebersamaan dalam suasana bahagia di hari raya. Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa melalui Smart Ekselensia Indonesia menggelar ceremonial pelepasan 175 siswa terpilih untuk Pulang Kampung pada Rabu (12/4/2023).

Program pelepasan siswa Smart Ekselensia Indonesia menuju kampung halaman ini dihelat satu tahun sekali, tepatnya di Bulan Ramadan. Momen ini sangat istimewa untuk membangun kedekatan dan kelekatan antar anggota keluarga dan kerabat. Momen mudik tentu menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Setelah terpisah dari orang tua dan keluarga selama satu tahun, mudik menjadi kesempatan siswa untuk mengisi kembali semangat dan motivasi belajar.

Direktur Keuangan dan Operasional Dompet Dhuafa, Tri Estriani mengungkapkan bahwa Program Pulang Kampung 2023 merupakan wujud penghargaan Dompet Dhuafa kepada siswa Smart Ekselensia yang telah berjuang selama ini.

“Agenda ini memang sudah rutin kalian lakukan setiap tahun, tapi mungkin tahun ini spesial. Ini sebuah penghargaan untuk kalian semua atas kerja keras kalian selama belajar di Smart, jauh dari orang tua dan keluarga, tapi kalian semangat dan berjuang, kalian berkorban banyak,” ujar Tri Estriani dalam sambutannya.

Baca juga: Dompet Dhuafa Grebek Kampung Pelosok Sukabumi, Borong Dagangan UMKM hingga Tebar Parsel Ramadan Sekaligus

program-pulang-kampung-dompet-dhuafa
Para siswa Smart Ekselensia Indonesia menghadiri acara pelepasan Program Pulang Kampung 2023.
program-pulang-kampung-dompet-dhuafa
Para siswa Smart Ekselensia Indonesia berpamitan dengan ustaz dan ustazah.

Program Pulang Kampung ini dimulai sejak 13 April hingga 4 Mei 2023. Sementara, Mulyadi Saputra selaku kepala LPI Dompet Dhuafa berpesan agar siswa Smart Ekselensia Indonesia tetap memegang nilai-nilai sekolah tercinta mereka meski tengah berada di kampung masing-masing.

“Pulang kampung adalah tantangan apakah kita istiqamah dan tertata, ketika kalian pulang kampung bagaimana salat, sunah, dan wajibnya, tilawahnya, berbuat baiknya, dan semoga ini kalian tetap berpegang teguh value smart, jujur, santun, peduli, disiplin, dan sungguh-sungguh. Semoga value itu tetap ada pada kalian sebagai salah satu program unggulan Smart Ekselensia Indonesia,” ujar Mulyadi Setiawan.

Sebanyak 175 siswa dilepas secara langsung oleh Mulyadi Setiawan dan Tri Estriani. Para siswa juga berpamitan dan bersalaman dengan seluruh ustaz serta ustazah LPI Dompet Dhuafa. Prosesi pelepasan ini pun turut diiringi lagu Endank Soekamti berjudul “Sampai Jumpa.”

program-pulang-kampung-dompet-dhuafa
Siswa Smart Ekselensia Indonesia bersiap pulang kampung.
program-pulang-kampung-dompet-dhuafa
Tampak keceriaan di wajah siswa Smart Ekselensia Indonesia yang akan pulang kampung.

Kebahagiaan terukir di wajah mereka, hal tersebut dirasakan betul oleh Bilal, salah satu siswa Smart Ekselensia Indonesia yang tinggal di Bandung. Menurutnya, momen ini sangat dinantikan oleh seluruh siswa.

“Ini merupakan sebuah program yang ditunggu-tunggu oleh kita semua. Di pulang kampung ini kita bisa berkumpul dengan keluarga, tentunya kerabat untuk bersilaturahmi, momen yang sangat membahagiakan untuk kita semua. Harapan kita di pulang kampung ini kita dapat me-recharge kembali semangat kita, sehingga pada saat kita kembali ke Smart Ekselensia Indonesia ini, kita bisa me-refresh semangat kita lebih baik dan berprestasi lagi dan semangat lagi belajarnya,” ungkap Bilal.

Program ini diharapkan menjadi momen pengobat rindu selepas setahun berkutat dengan kehidupan sekolah dan asrama. Serta waktu bagi siswa menyebarkan kebaikan yang selama ini didapat di SMART kepada keluarga dan kerabat.

“Selamat pulang kampung, mudik Ramadan 1444 H, semoga Allah merahmati dan juga meridai. Tapi Insyaallah, orang-orang di sini akan pulang kampung dan balik lagi ke sini,” tutup Mulyadi Saputra.

Baca juga: Pos Mudik Terpadu Dompet Dhuafa Rest Area KM 68 Toll Serang-Merak Hadir Melayani Keluhan Kesehatan Pemudik

program-pulang-kampung-dompet-dhuafa
Kepala LPI Dompet Dhuafa, Mulyadi Saputra berpesan kepada para siswa Smart Ekselensia yang akan pulang kampung di Idulfitri 1444 H.
program-pulang-kampung-dompet-dhuafa
Bilal, salah satu siswa Smart Ekselensia Indonesia yang tinggal di Bandung memberikan kesan pesannya soal Program Pulang Kampung 2023.

Terlaksananya Program Pulang Kampung 2023 ini berkat dukungan banyak pihak, di antaranya LPI Dompet Dhuafa, Sangkuriang, dan PT Agrinesia Indonesia yang memberikan sejumlah buah tangan bagi siswa untuk dibawa mudik.

“Kami ucapkan terima kasih kepada donatur, semoga segala kebaikan atas apa yang mereka sisihkan untuk kita semua kita masih bisa untuk pulang kampung. Saya mewakili seluruh siswa Smart Ekselensia memohon maaf kepada ustaz dan ustazah atas segala kesalahan kami, kekurangan kami. Terima kasih atas bimbingan selama ini dan pesan saya, tetap jaga ibadahnya, tetap berikan yang terbaik bahwa inilah siswa Smart Ekselensia,” pesan Bilal kepada seluruh peserta Pulang Kampung 2023. (Dompet Dhuafa/Anndini)