GPAI Helat Sanlat Akbar di Sekolah SMART Cibinong Dompet Dhuafa

gpai-helat-sanlat-akbar-di-sekolah-smart-cibinong-dompet-dhuafa

BOGOR, JAWA BARAT — Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) menghelat Pesantren Kilat (Sanlat) Akbar se-Klapanunggal dalam rangka membangun nilai-nilai kepribadian Islam dan merajut Ukhuwah Islamiyah. Sanlat Akbar perdana yang digelar tahun 2023 ini mengambil tema “Dengan Sanlat Kita Bangun Pribadi Islami dan Ukhuwah Islamiyah.” Kegiatan ini didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Kecamatan Klapanunggal serta pengawas GPAI Klapanunggal tentunya.

Rangkaian kegiatan Sanlat Akbar dilaksanakan selama dua hari sejak Jumat sampai dengan Sabtu, 7-8 April 2023. Berlokasi di Sekolah Smart Cibinong Dompet Dhuafa, peserta kegiatan terdiri dari 66 orang siswa tingkat Sekolah Dasar yang merupakan perwakilan 33 sekolah, dan kurang lebih 20 orang guru pembimbing ataupun pendamping.

Baca juga: Keceriaan Siswa Smart Ekselensia Dompet Dhuafa Warnai Pelepasan Pulang Kampung 2023

gpai-helat-sanlat-akbar-di-sekolah-smart-cibinong-dompet-dhuafa

Selama kegiatan berlangsung, anak-anak akan mendapatkan pengalaman sebagaimana di pesantren, yakni menginap di ruang-ruang kelas Smart Cibinong yang sudah diatur seperti asrama. Kegiatan Sanlat Akbar dibuat menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak disuguhkan materi-materi keislaman melalui permainan, menonton film, dan selingan-selingan ice breaking.

Pengawas GPAI, Ustad Makmun Nawawi, S.Pda menyampaikan bahwa Sanlat Akbar ini sebuah perhelatan baru, perdana, bahkan sampai dengan Kabupaten Bogor itu belum ada kegiatan yang seperti ini. Mudah-mudahan ini akan menjadi langkah awal, sehingga ke depan bisa menular kepada kecamatan-kecamatan yang lain. Kegiatan Sanlat ini mengambil sebuah konsep Sinergi antar sekolah se-kecamatan Klapanunggal, sehingga setiap sekolah mengutus dua orang peserta didiknya.

Baca juga: Wujudkan Lansia yang SMART, LKC-DD Jateng Gelar Skrining P3G untuk Para Lansia di Kabupaten Banyumas

gpai-helat-sanlat-akbar-di-sekolah-smart-cibinong-dompet-dhuafa

gpai-helat-sanlat-akbar-di-sekolah-smart-cibinong-dompet-dhuafa

“Kami selaku panitia Sanlat Akbar berterima kasih sekali kepada Sekolah Smart Cibinong yang telah mempersilakan dan mendukung sekali kegiatan Sanlat ini, sehingga bisa berjalan dengan baik,” ungkap Mat Kenedi, Ketua Panitia dan KKG Klapanunggal.

Sebagai informasi, Sekolah Smart Cibinong (SSC) merupakan salah satu sekolah yang dikelola berbasis wakaf produktif oleh Dompet Dhuafa. SSC diwakafkan kepada Dompet Dhuafa pada 2011 dan hingga saat ini terus bertumbuh yang dibuktikan dengan adanya penambahan satuan pendidikan jenjang SMA. (Dompet Dhuafa/SSC)