hit counter code

PROFIL KESEHATAN


Share

SEJARAH

Dompet Dhuafa di dalam program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan sangat baik.

 

     

 

Di bidang kesehatan, Dompet Dhuafa telah berperan aktif dalam melayani kaum dhuafa sejak tahun 2001. Melalui program Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), beragam kegiatan telah dilakukan, baik bersifat preventif, promotif dan kuratif. LKC memberikan akses layanan kesehatan yang layak dan optimal secara tidak berbayar bagi kaum dhuafa.

Dalam perkembangannya, LKC-DD harus melayani pasien-pasien dhuafa yang membutuhkan pelayanan spesialistik, rawat inap dan juga tindakan operatif. Sehingga fasilitas layanan yang ada dirasakan sudah tidak memadai lagi. Karena itulah Dompet Dhuafa melalui Yayasan Rumah Sehat Terpadu mendirikan pelayanan kesehatan tingkat rujukan yang akan memberikan pelayanan kesehatan tingkat rujukan sekelas rumah sakit. Layanan ini dinamakan RS Rumah Sehat Terpadu -  Dompet Dhuafa yang telah diresmikan pada tanggal 4 Juli 2012.

Sejak tahun 2009, Dompet Dhuafa membangun rumah sakit gratis bagi pasien dari kalangan masyarakat miskin. Berlokasi di Desa Jampang, Kemang, Kabupaten Bogor, di atas lahan seluas 7,600 m2. RST memiliki fasilitas lengkap, mulai dari poliklinik, dokter spesialis, ruang operasi, rawat inap, UGD, apotek, hingga metode pengobatan komplementer.

Dengan melihat berbagai kebutuhan terhadap akses kesehatan di masyarakat, Dompet Dhuafa melakukan inovasi di berbagai bidang fasilitas kesehatan. Dengan tetap mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat dhuafa dan marginal. Layanan Kesehatan Dompet Dhuafa berupa Rumah Sakit, Layanan Kesehatan Cuma-cuma, Klinik, Apotik dan Optik mata.

Kini fasilitas kesehatan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa telah berkembang di banyak lokasi di Indonesia.Baik berupa Rumah Sakit, Klinik, Layanan Kesehatan Cuma-cuma, Apotek maupun Optik.

Rumah Sakit, Klinik, Optik dan Apotek yang dikelola oleh Dompet Dhuafa adalah:

1. RST Dompet Dhuafa, Parung - Bogor, Jawa Barat (2013)

2. RST Qatar Charity Dompet Dhuafa, Parung - Bogor, Jawa Barat (2019)

3. RS AKA Medika Sribhawono - Lampung Timur (2017)

4. RS Mata Ahmad Wardi -  Serang (2017)

5. RSIA Sayyidah, Pondok Kopi - Jakarta Timur (2017)

6. RS Lancang Kuning - Riau (2017)

7. RS Griya Medika, Tulangbawang - Lampung (2019)

8. Klinik Naura Depok - Jawa Barat (2018)

9. Klinik Srigading, Lampung Timur (2017)

10. Klinik Baoh, Lampung Timur (2018)

11. Optik I & U, Parung - Bogor, Jawa Barat

12. Optik Mata RS Ahmad Wardi, Serang

13. Apotek DD Farma, Ciputat - Tangerang Selatan, Banten

Sementara itu untuk Layanan Kesehatan Cuma-cuma terletak di 19 Provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga ke Sorong, Papua Barat.

Selain Rumah Sakit dan Layanan Kesehatan Cuma-cuma yang sudah berjalan melayani para dhuafa, Dompet Dhuafa kini sedang mengembangkan 2 (dua) buah proyek besar pembangunan Rumah Sakit di daerah, yaitu:

1. RS Hasyim Ashari, merupakan RS bertipe C dengan kapasitas 80 tempat tidur yang terletak di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang - Jawa Timur. RS ini adalah rumah sakit yang merupakan wakaf dari keluarga KH Hasyim Ashari

2. RS Haji Pasuruan, merupakan RS bertipe C dengan kapasitas 80 tempat tidur yang terletak di Bungulkidul, Pasuruan - Jawa Timur. RS ini merupakan wakaf dari Perkumpulan Persaudaraan Haji di Pasuruan