Lukis dan Rajut Kebaikan Bersama Seratan Studio

JAKARTA — Dompet Dhuafa bersama Seratan Studio menggelar lokakarya pelatihan kerajinan seni pada Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2023, Minggu (29/1/2023) bertempat di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Terdapat 2 (dua) macam pelatihan yang digelar, yaitu melukis dan menyulam.

Sebanyak 25 peserta yang merupakan para pengunjung Jakhumfest mengikuti lokakarya ini pada sesi melukis. Sedangkan 25 lainnya mengikuti sesi menyulam. Pemateri lokakarya ini langsung oleh Deya Ayu selaku Pendiri Seratan Studio.

Deya mengaku senang dapat menularkan ilmunya kepada para pengunjung Jakhumfest. Ia ingin semakin banyak masyarakat mampu mengadopsi ilmunya serta menularkannya kembali kepada yang lain.

Deya Ayu (kiri) berbincang dengan Ferina tentang gerakan melukis kebaikan.
Para pengunjung Jakhumfest silih berganti ikut melukis dan menyulam bersama Seratan Studio.
Proses penyulaman pada workshop bersama Seratan.

Sementara itu, Ferina selaku Tim Kreatif Seratan menjelaskan, Seratan dan Dompet Dhuafa mengadakan stand kreativitas ini untuk memperkenalkan pameran produk-produk Seratan. Ada ikan celup, ada baju, ada tootbag, dan lainnya.

“Kami berharap dengan workshop ini, para pengunjung yang hadir tertarik untuk menjadi masyarakat yang kreatif dan bisa mengajarkan juga kepada yang lainnya,” ucapnya.

Ferina dan produk-produk hasil tim Seratan Studio yang dipamerkan pada Jakhumfest 2023.
Sepasang muda-mudi ikut dalam lokakarya merajut bersama Seatan Studio.
Proses penyulaman pada workshop bersama Seratan.

Harapannya, pelatihan ini dapat menarik minat anak-anak muda generasi milenial dan gen Z. Selanjutnya, mereka dapat mengembangkan ilmu ini menjadi souvenir hingga kerajinan lainnya.

‚ÄúDompet Dhuafa berjarap, pelatihan hari ini mudah-mudahan bisa disosialisasikan ke masyarakat sekitarnya, terutama untuk anak-anak milenial karena bahannya mudah didapat dan alami,” tukas Fajar Firmansyah selaku Koordinator Dompet Dhuafa Volunteer.

Sarah Margareth (kiri) dan temannya datang dari Jakarta ikut keseruan lokakarya bersama Seratan Studio.
Antusiasme para pengunjung Jakhumfest pada workshop merajut bersama Seratan Studio.
Antusiasme para pengunjung Jakhumfest pada workshop merajut bersama Seratan Studio.

Salah seorang peserta lokakarya, Sarah Margareth dari Jakarta mengatakan, keahlian ini dapat sangat bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak kecil yang gemar dengan kerajinan tangan. Apalagi jika diajarkan kepada adik-adik pada komunitas-komunitas masyarakat kecil seperti Taman Baca Masyarakat (TBM) dan lainnya.

“Thank you banget buat Dompet Dhuafa dan Seratan udah ngadain workshop ini. Kita bener-bener happy banget. Bisa akhirnya kita mencoba healing ya dengan cara melukis dan menyenangkan sekali. Hal simpel tapi menurut saya ini sangat positif banget sih,” Sarah Margareth dari Jakarta. (Dompet Dhuafa/Muthohar)