5 Manfaat Bulan Ramadan yang Muslim Wajib Ketahui

manfaat bulan ramadan

Ramadan kini telah hadir di tengah-tengah kita. Bulan spesial satu ini memang bulan yang selalu ditunggu-tunggu karena ada banyak sekali manfaat bulan Ramadan yang bahkan para sahabat di zaman Nabi pun juga senantiasa berdoa agar Ramadan selalu kembali dalam hidupnya.

Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl yang mengatakan, “Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Selain itu, doa yang mereka lafalkan adalah seperti: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Agar lebih termotivasi lagi dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan, mari kita simak apa saja manfaat bulan Ramadan yang harus diketahui oleh seorang Muslim. Semoga dengan ini ibadah sahabat di bulan Ramadan, semakin baik dan berkah.

1.    Manfaat bulan Ramadan, Berkali Lipat Pahala Kebaikan

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa Ramadan adalah bulan spesial yang akan melipatgandakan pahala seorang Muslim. Tentu ini adalah manfaat bulan Ramadan yang juga tak tergantikan dengan apapun.

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari Muslim).”

Jika amalan kebaikan di bulan Ramadan sangat besar sekali dilipatgandakan, maka masihkah kita akan menyia-nyiakan kesempatan di bulan ini? Justru inilah saatnya kita untuk memperbanyak amalan kebaikan dan melipatgandakan seluruh pahala dari Allah SWT.

2.    Nuansa Ibadah dan Beramal Baik dari Lingkungan Salah Satu Manfaat bulan Ramadan

Hanya di bulan Ramadan, umat Islam mendapatkan nuansa yang sangat mendukung untuk beribadah. Terutama di Indonesia, Ramadan menjadi bulan spesial bagi masyarakatnya. Kumandang adzan Magrib yang begitu ditunggu, berbondong-bondongnya para muslim menuju masjid untuk tarawih, tayangan TV, Radio, ataupun sosial media yang juga mengajak untuk beribadah di bulan Ramadan, dsb.

Nuansa seperti ini seharusnya bisa mendukung kita untuk bisa lebih beramal baik. Kadang-kadang manusia sering kali malas atau khilaf karena lingkungannya yang tidak mendukung. Namun dengan nuansa Ramadan seperti ini, maka sudah seharusnya kita bersyukur karena bisa mendapatkan dukungan yang besar untuk lebih banyak beribadah di bulan Ramadan.

3.    Bertransformasi dalam 30 Hari

Allah SWT memberikan kesempatan untuk bertransformasi dalam 30 hari di bulan Ramadan. Sebenarnya, jika kita manfaat waktu 30 hari ini dengan baik dan sungguh-sungguh, seharusnya setelah 30 hari kita bisa berubah menjadi sosok yang lebih baik. Konsistensi dan daya tahan kita sebenarnya teruji selama bulan Ramadan.

Mungkin ibadah terasa berat dan sulit jika kita tidak terbiasa. Satu-dua minggu awal akan terasa berat. Namun jika sudah melalui masa itu, rasanya di kemudian hari akan semakin ringan dan senang untuk menjalankannya. Jadi, bersabarlah dan nantikan transformasi selanjutnya setelah bulan Ramadan.

Anggaplah bahwa Ramadan adalah bootcamp bagi seorang Muslim agar berubah lebih cepat untuk menjadi muslim yang lebih baik lagi. Siap untuk menghadapinya?

4.    Berlatih Mengelola Diri Baik Fisik, Emosi, dan Spiritual

Ramadan tidak hanya mengajarkan kita untuk menahan lapar dan haus, tetapi seluruh aspek diri kita baik emosional dan spiritual juga benar-benar terlatih. Saat kita berpuasa di bulan Ramadan, mungkin kita akan berhadapan dengan rasa lapar, haus dan menunggu-nunggu untuk makan berbuka. Namun sepanjang hari kita dituntut untuk bersabar, tetap beraktivitas, tidak boleh marah-marah, emosional, dan melakukan amal buruk lainnya.

Inilah manfaat bulan Ramadan yang sebenarnya jika diperdalam, Allah SWT memberikan perintah ini bukan untuk kepentingan siapapun melainkan untuk manusia yang menjalankannya itu sendiri. Seluruh ibadah dalam Islam, manfaat dan dampaknya tidak lain tidak bukan hanyalah untuk kebaikan manusia itu sendiri.

5.    Pilihan Menjadi Manfaat yang Sangat Banyak

Ada banyak pilihan dan cara untuk kita menjadi seseorang yang penuh manfaat di bulan Ramadan. Pilihan ibadah juga sangat luas sehingga kita tinggal menggunakan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya untuk bisa meraih manfaat dari semua itu.

Ramadan sudah memberikan banyak kesempatan dan manfaat untuk kita. Lantas, apakah sahabat juga ingin Menjadi Manfaat di bulan Ramadan kali ini? Yuk, pilih jadi manfaat seperti apa yang sahabat inginkan bersama dengan Dompet Dhuafa. Klik banner di bawah untuk selengkapnya.

manfaat bulan ramadan 30 jadi manfaat dompet dhuafa