Niat Puasa Arafah Idul Adha, Yuk Hafalkan

Idul Adha merupakan salah satu hari raya terbesar yang dirayakan oleh umat Islam. Gegap gempita dalam menyambut hari raya ini tidak kalah meriah dari perayaan Idul Fitri. Sebelum merayakan Idul Adha, umat Islam disunahkan untuk melakukan puasa Dzulhijjah. Terutama, bagi yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji. Puasa Arafah merupakan puasa Dzulhijjah yang dilaksanakan di tanggal 9 pada bulan tersebut. Di tahun 2022 ini, puasa Arafah jatuh pada tanggal 8 Juli 2022 mendatang. Berikut bacaan niat puasa arafah Idul Adha beserta keutamaannya.

Niat Puasa Arafah

Agar puasa menjadi sah, sudah sepatutnya kita mengucapkan niat terlebih dulu. Bacaan niat ini diucapkan saat matahari tenggelam atau sebelum matahari terbit. Kurang lebih, saat mengucapkan niat untuk berpuasa Arafah ini sama seperti niat puasa lainnya. Ucapan niat ini bisa diucapkan secara lisan maupun cukup dalam hati saja. Berikut adalah bacaan niat puasa arafah Idul Adha

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta’âlâ

Artinya: Aku berniat puasa sunah Arafah esok hari karena Allah SWT.

Walaupun termasuk puasa sunnah, puasa Arafah bukanlah puasa yang disunnahkan untuk mereka yang sedang mengamalkan ibadah haji. Namun, jika ingin melakukannya pun tetap diperbolehkan. Hal ini sesuai dengan hadist:

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya: Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR Bukhari).

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah bukanlah puasa wajib seperti puasa Ramadhan. Hukum melakukan puasa ini adalah sunnah. Namun, puasa Arafah tetap memiliki keistimewaan. Puasa ini memiliki berbagai keutamaan, seperti yang tertuang di dalam sebuah hadits shahih. Ahli agama bernama Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas merekam sabda Rasulullah di dalam hadist yang mereka ramu, yaitu:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Dari hadist di atas, diketahui bahwa puasa Arafah bisa menghapuskan dosa-dosa kecil yang diperbuat selama 1 tahun yang lalu. Selain itu, Rasulullah juga bersabda bahwa puasa Arafah juga dapat membebaskan siapapun yang melakukannya dari siksa api neraka. Hal tersebut dipertegas dengan hadis berikut:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

Artinya: Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan dari api neraka dibanding hari Arafah.

Selain itu, berikut adalah keutamaan lainnya yang bisa didapatkan dengan berpuasa Arafah:

  • Allah akan memperluas rezeki dan memberikan keberkahan di dalam hidup
  • Allah akan menjamin  kedamaian kehidupan rumah tangga
  • Allah akan melipatgandakan pahala dari amal kebajikan yang diperbuat
  • Allah akan menerangi kuburnya saat orang tersebut berada di alam barzah
  • Allah akan mempermudah kematiannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai niat puasa arafah Idul Adha dan berbagai keutamaannya. Untuk membuat ibadah puasa kian sempurna, jangan lupa untuk berdonasi kurban lewat Dompet Dhuafa. Hewan-hewan  ternak yang dibina di lembaga ini sudah pasti terjamin kesehatan dan kualitasnya. Donatur bisa berkorban dengan nyaman cukup dari rumah saja. Laporan kurban juga bisa didapatkan langsung secara online dengan transparansi yang terjamin.

 

KURBAN SEKARANG