Program Kesehatan

Di program kesehatan, Dompet Dhuafa mendirikan berbagai lembaga kesehatan. Tujuannya untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi.

Sejak 2001, Dompet Dhuafa telah memulai peran aktif di bidang kesehatan untuk melayani kaum dhuafa. Melalui program Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), beragam intervensi di bidang kesehatan hadir. Baik bersifat preventif, promotif dan kuratif. LKC memberikan akses layanan kesehatan yang layak dan optimal secara tidak berbayar bagi kaum dhuafa.

Dalam perjalanannya, LKC Dompet Dhuafa harus melayani pasien-pasien dhuafa yang membutuhkan pelayanan spesialistik, rawat inap dan tindakan operatif. Karena itulah Dompet Dhuafa melalui Yayasan Rumah Sehat Terpadu mendirikan pelayanan kesehatan tingkat rujukan yang akan memberikan pelayanan kesehatan tingkat rujukan sekelas rumah sakit. Layanan tersebut dinamakan RS Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa yang resmi melayani sejak 4 Juli 2012.

Perjalanan di atas, terus melecut Dompet Dhuafa untuk mengembangkan layanan kesehatan bagi masyarakat dhuafa dan prasejahtera dengan lebih baik lagi. Selain layanan yang lengkap mulai dari poliklinik, dokter spesialis, ruang operasi, rawat inap, UGD, apotek, hingga metode pengobatan komplementer. Dompet Dhuafa juga meluaskan layanan kesehatan ke berbagai wilayah Indoneia. Sehingga penerima manfaat akan lebih banyak lagi yang merasakan layanan tersebut.

Hingga saat ini, Dompet Dhuafa telah mengembangkan fasilias kesehatan tingkat 1 dengan jumlah 19 Klinik Gerai Sehat, 71 Pos Sehat, dan 1 Unit Klinik Terapung. Kemudian di layanan fasilitas kesehatan tingkat 2 ada beberapa layanan rumah sakit yang di antaranya adalah RS. Rumah Sehat Terpadu, RSIA Sayyidah, RS. AKA Medika Sribhawono, RS. Mata Achmad Wardi, RS. Griya Medika Tulangbawang, RS. Lancang Kuning, dan RS. Hasyim Asyari Tebuireng. Semuanya tersebar di seluruh Indoneia baik gerai sehat, klinik, maupun rumah sakit. Bergulir dengan kolaborasi dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf). Karena seha milik semua.