Program Ekonomi

Sebagai langkah mewujudkan keberdayaan dan kemandirian ekonomi masyarakat, Dompet Dhuafa merancang program pemberdayaan di bidang ekonomi. Program tersebut sebagai wujud mendayagunakan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) amanah para donatur. Selain ZISWAF, pada pengembangan program ekonomi, Dompet Dhuafa turut merancang skema dan kolaborasi blended finance. 

Pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa tujukan untuk mengangkat harkat hidup mustahik, dhuafa dan masyarakat prasejahtera dengan orientasi peningkatan penghasilan. Dari program tersebut, donatur Dompet Dhuafa mengharapkan para mustahik memiliki pengetahuan tentang usaha, kemampuan untuk mengakses modal, meminimalkan resiko, mengelola usaha, pasar dan mengendalikan aset ekonomi.

Pertanian Sehat, Peternakan Rakyat, UMKM Kreatif, Social Trust Fund, Agroindustri, Sentra Ternak, Kebun Pangan Keluarga, Cash for Work, menjadi ragam program pemberdayaan ekonomi. Kemudian, sebagai pengembangan program dan inovasi, Dompet Dhuafa menghadirkan DD Farm sebagai pengembangan kawasan pemberdayaan ekonomi berbasis pertanian, perikanan, dan peternakan. Ada lebih dari 1.000 Hektare lahan pertanian, belasan sentra ternak dan sejumah sentra perikanan hadir dalam pengembangan DD Farm, yang tentunya akan terus bertumbuh seiring perjalanan.

Kolaborasi baik donatur, stakeholder untuk memberdayakan mustahik atau penerima manfaat menjadi langkah strategis penguatan dan kesuksesan program ekonomi. Karena di pemberdayaan program ekonomi Dompet Dhuafa mengelola amanah donatur dan menggulirkannya untuk penerima manfaat mulai dari pelatihan, permodalan, pendampingan hingga monitoring dan evaluasi.

Kemudian penerapan teknologi dengan mengedepankan khazanah kekayaan lokal, faktor kelembagaan, pola kemitraan yang sejajar, saling menguntungkan, dan saling menghadirkan keterkaitan antara pemerintah, petani/produsen, pihak swasta, serta lembaga penyedia teknologi. Sehingga dapat diterapkan untuk mengangkat dan memajukan program pemberdayaan ekonomi.