Program Sosial

Sebagai wujud pelayanan kepada mustahik, penerima manfaat dan masyarakat umum, Dompet Dhuafa di lima pilarnya juga menggulirkan layanan sosial. Di ranah layanan sosial, Dompet Dhuafa memaksimalkan peran dalam melayani kerja-kerja kemanusiaan bagi masyarakat. Di antaranya adalah Layanan Masyarakat, Disaster Management Center, Tebar Hewan Kurban, dan Advokasi Publik.

Konsentrasi kegiatan Dompet Dhuafa di layanan sosial salah satunya adalah pada optimalisasi dana zakat dengan memberikan pelayanan terhadap mustahik dan masalah keummatan. Utamanya sebagai upaya pemenuhan basic needs masyarakat. Terlebih pada sektor kebencanaan, Dompet Dhuafa berupaya menghadirkan respon cepat, yaitu 1 x 24 jam hadir di medan bencana. Tentu tujuannya adalah melakukan respon cepat dan menghadirkan bantuan dasar bagi masyarakat terdampak.

Dompet Dhuafa menyakini bahwa pengelolaan sektor sosial harus dilakukan bukan hanya untuk menolong sesama. Tetapi juga upaya meningkatkan kualitas kehidupan insan manusia. Berbagai layanan mustahik dihadirkan. Sentuhan modal usaha bagi ibu tangguh dan keluarga tangguh. Kemudian respon dan bantuan kebencanaan, berbagi berkah daging melalui Tebar Hewan Kurban hingga pendampingan advokasi bagi masyarakat bergulir di pilar sosial.

Dalam meluaskan jangakauan layanan Dompet Dhuafa mengoptimalkan peran kerelawanan dan bersinergi dengan asset lembaga lokal yang ada. Sehingga dapat menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat. Tak lupa, Dompet Dhuafa juga berkolaborasi dengan pemerintah sebagai pemangku kebijakan dalam setiap kerja-kerja sosial kemanusiaan.