Sedekah Subuh: Amalan Akhirat dan Sosial

Terdapat beberapa amalan yang mendatangkan keberkahan hidup dan keridaan Allah Swt bagi umat muslim. Salah satunya adalah sedekah subuh. Sedekah berasal dari Bahasa Arab yakni shodaqoh–dengan kata dasar sidiq–yang berarti kebenaran.

Secara istilah, sedekah dapat dimaknai sebagai cara menyumbangkan sebagian harta di jalan Allah Swt dengan niat ikhlas dan tak mengharap balasan apa pun, kecuali hanya untuk beribadah kepada Allah. Dalam beberapa waktu tertentu, terdapat keutamaan untuk melakukan sedekah, salah satunya di waktu Subuh.

Keutamaan Sedekah Subuh

Terdapat lima keutamaan dari amalan sedekah subuh, berikut penjelasan selengkapnya.

ilustrasi, zakat, infak, sedekah, sedekah subuh
Ilustrasi sedekah yang diberikan kepada fakir miskin.

Baca juga: Keutamaan Mengamalkan Sedekah Subuh Setiap Hari

Mendapat Doa dari Dua Malaikat

Amalan yang dilakukan saat Subuh, akan turut disaksikan langsung dan didoakan oleh dua malaikat. Terlebih jika bersedekah sambil diiringi dengan doa pada waktu Subuh. Amalan ini dapat membantu terkabulnya doa, memperlancar rezeki, dan memudahkan segala urusan.

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak.’ Sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’.” (HR. Bukhari-Muslim)

Sedekah Subuh Menghapus Dosa

Menurut hadis riwayat Tirmidzi, sedekah subuh dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. Dosa-dosa kita akan dihapus dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah.

 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Tunaikan Sedekah Subuh, Sebelum atau Sesudah Salat?

Harta Menjadi Berkah

Sebagian harta yang kita sedekahkan akan bermuara pada kebermanfaatan yang luas. Selain bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, kita pun mendapat rida Allah Swt. Sehingga, harta yang kita keluarkan pun menjadi berkah.

Menjauhkan Diri dari Api NerakKeutamaan sedekah menurut al quran dan hadits

Dengan sedekah subuh, kita mendapat pahala berlipat ganda serta dihapusnya dosa-dosa. Dengan begitu, apabila kita bersedekah subuh maka kita juga bisa menjauhkan diri dari neraka jahanam. Keutamaan sedekah ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yang berbunyi:

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sedekah sebutir kurma.” (Muttafaq ‘alaih)

Baca juga: Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Praktiknya dalam Ajaran Islam?

Mendapat Perlindungan di Hari Kiamat

Rasulullah Saw menjelaskan melalui hadis berikut:

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: ‘Ditetapkan hukuman di antara manusia.’ Yazid berkata, ‘Abdul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini’.” (HR Al-Baihaqi, Al-Hakim, dan Ibnu Khuzaimah)

Ketika di Padang Mahsyar, panasnya matahari akan sangat menyengat. Sebab, jarak matahari akan dekat dengan kepala manusia. Maka, amalan sedekah dapat menjadi naungan bagi para hamba-Nya.

Apakah sedekah subuh hanya dapat dilakukan dengan memasukkan uang di kotak amal masjid?

Selain dapat dilakukan dengan memasukkan uang di kotak amal setelah salat Subuh, sedekah juga dapat dilakukan dengan cara berbuat baik. Seperti memberi bantuan kepada keluarga atau teman yang sedang membutuhkan atau memberi makan kaum dhuafa pada waktu Subuh.

Terlebih ketika kita telah terpapar oleh era digital. Apabila tak ada kesempatan untuk bersedekah subuh di masjid, kita tetap dapat bersedekah melalui cara lain. Salah satunya melalui Aplikasi Dompet Dhuafa (DD Apps) dengan fitur sedekahnya. Atau, Sahabat juga dapat menunaikan sedekah subuh dengan mengunjungi link berikut:

SEDEKAH SUBUH DI SINI